Sukses

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Telapak tangan Anda sering berkeringat walau sedang tidak gugup atau cemas? Pasti Anda malu ketika akan berjabat tangan, bukan? Mari ketahui penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Sering mengalami telapak tangan berkeringat? Pastinya keluhan ini mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, ya.  

Keringat berlebih pada telapak tangan, atau dikenal dengan istilah hiperhidrosis, bukanlah kondisi yang jarang. Hiperhidrosis biasanya dialami pada area tertentu saja, seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Jarang sekali dialami pada seluruh tubuh. 

Apa saja penyebab hiperhidrosis dan bagaimana penanganannya?

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Telapak Tangan Berkeringat?

Berkeringat adalah mekanisme tubuh normal untuk mendinginkan diri. Sistem saraf Anda secara otomatis memicu kelenjar keringat ketika temperatur tubuh meningkat.  Namun, jika keringat terjadi secara berlebihan, maka Anda patut waspada. 

Berikut adalah berbagai penyebab hiperhidrosis yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan Hiperhidrosis Primer

Pada tipe gangguan keringat ini, tidak ditemukan penyakit khusus yang menyebabkan gangguan saraf. Namun, saraf yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal kelenjar keringat menjadi terlalu aktif (meskipun kelenjar sedang tidak dipicu oleh aktivitas fisik atau kenaikan suhu). 

Dengan keadaan stres atau gugup, keluhan berkeringat dapat menjadi lebih buruk. Gangguan hiperhidrosis primer ini biasanya memengaruhi telapak tangan dan telapak kaki, dan terkadang wajah Anda.

Artikel lainnya: Keringat Berlebih, Ini Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

2. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat karena kerusakan saraf perifer yang terjadi. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang berfungsi mengontrol keringat. 

Hal ini menyebabkan produksi keringat tidak sesuai dengan respons tubuh yang seharusnya terjadi.

3. Gangguan Tiroid

Apakah Anda suka berkeringat, mengalami penurunan berat badan, dan berdebar? Jika iya, bisa jadi Anda memiliki kadar hormon tiroid yang tinggi. 

Hormon tiroid yang tinggi juga dapat menyebabkan keluhan tangan berkeringat. Bahkan, keluhan ini tetap terjadi pada udara yang dingin dan tidak memicu keringat. Jadi, Anda perlu waspada akan kemungkinan gangguan tiroid.

4. Gangguan Pasca Stroke

Ternyata stroke juga dapat menyebabkan seseorang mengalami hiperhidrosis. 

Setelah infark serebral atau perdarahan pada otak, kegagalan pusat penghambatan kortikal menyebabkan hiperhidrosis yang terjadi pada sisi berlawanan dari lokasi otak terjadinya stroke. 

5. Merokok

Jika Anda adalah perokok, bisa jadi nikotin pada rokok lah yang mengaktifkan kelenjar keringat Anda. Nikotin dalam rokok menyebabkan pelepasan asetilkolin, yang merangsang kelenjar keringat. 

Jadi, apabila Anda merasa bahwa telapak tangan berkeringat saat merokok, Anda tidak mengada-ada. Nikotin pada rokok memang dapat menyebabkan produksi keringat yang lebih banyak dari biasanya.

Artikel lainnya: Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Keringat Dingin!

6. Gangguan Cemas 

Hiperhidrosis bisa menjadi gejala sekunder dari gangguan cemas. Maka tak heran, telapak tangan berkeringat menjadi salah satu gejala yang dikeluhkan oleh penderita gangguan kecemasan. 

7. Genetik

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa saat ini terdapat hubungan antara faktor genetik dengan terjadinya hiperhidrosis. Terdapat gen yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya yang mempengaruhi kecenderungan anak untuk menderita hiperhidrosis.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Hiperhidrosis

Saat ini, tersedia berbagai penanganan hiperhidrosis yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi telapak tangan berkeringat:

1. Deodoran dengan Resep Dokter

Deodorant atau antiperspirant yang dijual bebas seringkali tidak dapat membantu menyelesaikan masalah hiperhidrosis, sehingga dokter akan meresepkan produk tertentu yang memiliki efek yang lebih kuat. 

Beberapa jenis antiperspirant mengandung garam aluminium. Saat Anda menggunakannya pada kulit, antiperspirant membentuk sumbatan yang menghalangi pembentukan keringat.

2. Obat-obatan

Obat-obatan yang diberikan antara lain bertujuan untuk menghalangi kerja saraf yang memicu kelenjar keringat. Obat ini bekerja dengan menekan stimulasi atau rangsangan pada kelenjar keringat, sehingga produksi keringat akan berkurang.

Artikel lainnya: 3 Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

3. Iontophoresis

Pengobatan dengan cara ini menggunakan aliran listrik berdaya kecil. Selama perawatan ini, Anda duduk dengan tangan, kaki, atau keduanya dalam baki air dangkal selama sekitar 20 hingga 30 menit, sementara arus listrik rendah mengalir melalui air. 

Mekanisme dari terapi ini belum diketahui secara pasti, namun para ahli percaya bahwa terapi ini membantu menurunkan produksi keringat.

4. Injeksi Botoks

Walaupun identik dengan manfaat kecantikannya, injeksi botoks juga bermanfaat untuk menekan produksi keringat. Botoks akan menghalangi kerja saraf keringat pada bagian tempat penyuntikan.

5. Tindakan Bedah

Tindakan bedah antara lain bertujuan untuk mengambil kelenjar keringat berlebih atau memblokir saraf kelenjar keringat. Terapi bedah merupakan jalan terakhir dan jarang dilakukan. Sebab, umumnya keluhan dapat diatasi dengan beberapa terapi yang tidak invasif seperti injeksi botoks atau penggunaan obat.

Jika Anda memiliki keluhan keringat berlebih, Anda tidak perlu khawatir. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Dengan terapi yang tepat, maka keluhan keringat berlebih dapat ditangani secara optimal. 

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait penyebab dan cara mengatasi telapak tangan berkeringat, jangan sungkan untuk bertanya melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

5 Komentar

  • UTA Saputra

    istri saya mengalami hal yang sama... telapak tangan dan telapak kaki sekarang ini sering berkeringat... padahal dulu sudah tidak pernah mengalamai gejala tersebut. bagaimana cara menanganinya... mohon bantuan nya... terima kasih...

  • Lihastuti K

    anak sy dari baru lahir sampe skarang umur 1th tlapak kaki ny sering dingin,apa bahaya, bsa smbuh ga dok, vitamin atau obat apa tuk biar tlapak kaki ny ga dingin dok

  • Sofia Rida

    Apakah penyakit tangan berkeringat dan telepak kaki dingin ini berbahaya dokter bagi tubuh Mohon penjelasanya dokter baik