Sukses

Batasan Usia Pemberian Vaksin HPV

Ketahulah, pemberian vaksin HPV memiliki batas usia. Berikut penjelasan dr. Devina Nova Estikaratri selengkapnya disini.

KlikDokter.com – Beberapa jurnal kedokteran memang menyarankan bahwa pemberian vaksin HPV hendaknya diberikan kepada setiap anak perempuan dalam rentang usia 9 – 26 tahun, dan akan mencapai efektivitas maksimal apabila diberikan pada anak laki-laki serta perempuan di usia 11 atau 12 tahun.

Mengapa usia 26 tahun?  Karena pada usia Inilah para ahli menyimpulkan bahwa rata-rata populasi manusia belum terpapar oleh jenis HPV yang diberikan sebagai bentuk vaksin. Bila Anda berusia lebih dari 26 tahun, terdapat 2 pendapat medis yang hingga kini masih dipergunakan salah satunya, bergantung pada kondisi masing-masing kandidat penerima vaksin.

Pendapat pertama menyarankan agar mereka yang berusia lebih dari 26 tahun, hanyalah memeriksakan diri melalui pap smear dan pemeriksaan HPV rutin lainnya.

Pendapat kedua,  setelah memastikan bahwa kandidat penerima vaksin tidak terbukti terpapar virus HPV apapun melalui pemeriksaan pap smear dan darah, maka ia tetap diperbolehkan menerima vaksin. Karena sejatinya, pemberian vaksin pada kandidat berusia lebih dari 26 tahun, tanpa adanya paparan HPV sebelumnya, tidak terbukti memberikan dampak negatif.

Bagaimana dengan pria? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Bagaimana dengan pria?

Vaksin hendaknya diberikan pada anak laki-laki dengan efektivitas maksimal di usia 12-13 tahun hingga 21 tahun. Bagi kandidat laki-laki yang berusia lebih tua, pastikan Anda telah memeriksakan diri bahwa Anda bebas dari virus HPV melalui pemeriksaan darah sebelum menerima vaksin tersebut. Vaksin ini dapat melindungi penerimanya dari penyakit kutil kelamin, herpes genital dan penyakit lain yang disebabkan oleh HPV.

2 Komentar

  • Gita Sitompul

    saya ingin bertanya dok,saya punyak teman cewek ini,dia tanyak sama saya,kenapa ketika selesai coitus (senggama) area vagina dia terasa gatal banget.itu di akibatkan karena apa ya dok? tolong di jelaskan ya dok? terima kasih

  • Gita Sitompul

    dok saya ingin bertanya kenapa vaksin HPV itu hanya di tujukan pada wanita yang belum pernah coitus?