Sukses

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menjaga kebersihan tubuh sehari-hari harus dilakukan secara benar dan rutin. Mandi, mencuci rambut dan sikat gigi adalah suatu aktivitas yang tentu saja tidak boleh dilewatkan karena apabila hal ini tidak dilakuakan secara rutin dan benar maka berbagai penyakit dapat menjangkiti tubuh...

KLIKDOKTER.com - Menjaga kebersihan tubuh sehari-hari harus dilakukan secara benar dan rutin. Mandi, mencuci rambut dan sikat gigi adalah suatu aktivitas yang tentu saja tidak boleh dilewatkan karena apabila hal ini tidak dilakuakan secara rutin dan benar maka berbagai penyakit dapat menjangkiti tubuh.

Pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak begitu perduli terhadap kebersihan rongga mulut dan gigi sehingga kegiatan menyikat gigi hanya dilakukan sekedarnya.  Perlu diketahui bahwa menyikat gigi adalah hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi.

Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya:

1 dari 3 halaman

Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya:

  • Metode Bass 
    Menganjurkan untuk menempatkan kepala sikat gigi 45 derajat kearah akar gigi diantara pertemuan gigi dan gusi, hal ini bertujuan agar dapat menghilangkan plak yang terbentuk.

  • Metode Charters
    Lebih mengutamakan pembersihan plak pada bagian sela-sela gigi.

Namun dari sekian banyak metode yang ada, tidak satu metode pun yang lebih unggul dari yang lainnya. Gerakan penyikatan yang berulang-ulang pada tiap bagian dan permukaan gigi adalah yang terpenting dilakukan dalam menyikat gigi. Berikut beberapa panduan yang sebaiknya dilakukan maupun dihindari ketika menyikat gigi.

2 dari 3 halaman

Cara Menyikat Gigi

Namun dari sekian banyak metode yang ada, tidak satu metode pun yang lebih unggul dari yang lainnya. Gerakan penyikatan yang berulang-ulang pada tiap bagian dan permukaan gigi adalah yang terpenting dilakukan dalam menyikat gigi.

The Do’s

The Don’ts

Sikatlah gigi setelah sarapan (pagi) dan sebelum Tidur (malam)

Menyikat gigi hanya ketika mandi (Pagi dan sore)

Jika hendak sikat gigi setelah makan, tunggulah jeda 30-60 menit setelah makan, baru menyikat gigi. Jangan langsung menyikat gigi setelah persis makan.

Menyikat gigi segera langsung setelah makan.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

 

Menggunakan pasta gigi yang tidak memiliki standar pengawasan BPOM RI.

Sikatlah gigi minimal selama 2 menit. Lakukan gerakan dengan seksama dan tidak terburu-buru.

Menyikat gigi buru-buru dan kurang dari 1 menit.

Pilih sikat gigi yang sesuai dengan anatomi gigi Anda.

Semua sikat gigi sama saja.

Gunakan pembersih gigi dan mulut tambahan, seperti sikat lidah, obat kumur dan lainnya.

Menyikat gigi lebih dari 2 kali sehari dengan alasan untuk mencegah bau mulut. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan dilakukan secara benar dan tidak berlebihan.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar