Sukses

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Semua orang pada normalnya akan kentut, namun ada beberapa orang yang dapat kentut lebih banyak. Kenapa bisa? Berikut penjelasan dr. Dewi Ema Anindia disini.

KlikDokter.com – Kentut atau gas atau dalam medis dikenal dengan istilah ‘flatus’, serta sendawa serta kembung merupakan hal yang wajar dan tentu pernah kita alami. Gas dihasilkan oleh lambung dan usus kita ketika makanan dipecah sehingga menghasilkan energi.

Terjadinya kentut dan sendawa seringkali berbenturan dengan kebiasaan bermasyarakat, acapkali menjadi hal yang memalukan. Kembung merupakan suatu perasaan penuh di perut yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Mengubah pola makan dan minum Anda dapat mengurangi gas dan menghilangkan rasa tidak nayman karena terjadi penumpukan gas.

Bersendawa merupakan suatu proses dimana kita mengeluarkan udara dari lambung atau kerongkongan melalui mulut. Bersendawa sebanyak 3 hingga 4 kali setelah mengkonsumsi makanan merupakan proses yang wajar sering disebabkan karena kita menelan udara. Beberapa penyebab sendawa lainny adalah keadaan cemas, atau beberapa penyakit seperti adanya luka pada lambung atau ada masalah di kandung emepedu.

Semua orang pada normalnya akan kentut, namun ada beberapa orang yang dapat kentut lebih banyak. Pada normalnya Anda dapat kentut sebanyal 6 hingga 20 kali dalam sehari.

Beberapa penyebab kentut dan kembung, diantaranya adalah :

1 dari 2 halaman

Beberapa penyebab kentut dan kembung, diantaranya adalah:

  • Menelan udara

Ketika kita menelan udara dan tidak bersendawa, maka udara dapat berjalan melalui saluran pencernaan dan menyebabkan kentut. Mengkonumsi udara yang banyak juga memicu terjadinya cegukan.

  • Makanan dan Minuman

Jumlah gas yag terdapat dalam makanan dan minuman bervariasi.

  • Intoleransi Laktosa

Seseorang yang tidak dapat mencerna laktosa dengan baik dapat menyebabkan timbul keluhan kentut dan kemnbung.

  • Konstipasi

Kesulitan dalam BAB terkadang dapat menyebabkan perut kembung.

  • Penyakit Medis

Penyakit-penyakit seperti obstruksi usus atau Penyakit Kron dapat menyebabkan kembung.

  • Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal pada wanita seperti yang dialami sebelum haid dapat menyebabkan kembung karena tubuh meretensi air.

0 Komentar

Belum ada komentar