Sukses

Cara Mengatasi Kapalan

Jangan sembarangan menangani kapalan. Salah-salah jadi infeksi. Simak apa kata dr. Adithia Kwee disini bagaimana penanganan kapalan yang tepat.

KLIKDOKTER.com - Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah kapalan. Kapalan merupakan penebalan yang terjadi pada kulit dan paling sering terjadi pada telapak kaki. Kapalan dapat terjadi akibat penekanan yang terus-menerus atau gesekan berulang-ulang pada lokasi yang sama di kulit Anda sehingga lama-kelamaan terjadi penebalan kulit. Penebalan kulit tersebut sebenarnya merupakan respons alamiah tubuh untuk menghadapi penekanan dan gesekan berulang tersebut sehingga tidak timbul luka pada kulit.

Kapalan tidak berbahaya namun cukup mengganggu karena dapat menyebabkan rasa sakit pada lokasi yang terkena dan rasa sakit tersebut akan semakin bertambah bila penekanan atau gesekan yang terjadi tidak dihentikan.

Pada beberapa orang dengan masalah pada peredaran darah, atau pada pasien dengan penyakit kencing manis, kapalan dapat berakibat serius karena dapat timbul luka, terutama pada pasien kencing manis, luka tersebut akan sulit sembuh.

1 dari 2 halaman

Solusi Kapalan

Untuk mencegah kapalan terjadi, sebaiknya Anda jeli dalam memilih ukuran alas kaki. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit.  Gunakan lotion untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengurangi daya gesek yang terjadi antara kulit kaki dan sepatu.

Kapalan tidak memerlukan penanganan kecuali bila sudah menimbulkan rasa nyeri. Dan juga pada pasien-pasien dengan penyakit kencing manis, penyakit arteri perifer, atau kondisi-kondisi lain yang menyebabkan masalah pada aliran darah, maka butuh konsultasi langsung dengan dokter.

Untuk menangani kapalan di rumah, Anda bisa menggunakan cara sederhana.

  • Rendam kaki dengan air hangat,
  • Kemudian gosok perlahan menggunakan batu apung pada daerah yang kapalan.
  • Jangan pernah menggunting kapalan. dengan menggunakan pisau sendiri.  Karena selain berisiko infeksi karena tidak sterilnya alat, luka yang berpotensi muncul akan menyulitkan di kemudian hari, khususnya para penyandang diabetes.

Cara ini dapat membantu mengurangi ukuran kapalan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit Anda.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar