Sukses

Merapatkan Vagina Kembali Setelah Melahirkan

Vagina dapat mengalami perubahan setelah melahirkan terutama ketika Anda melahirkan secara normal. Dari permasalahan vagina terasa kering, atau terasa kendur bahkan sampai gejala nyeri ketika bersenggama. Bagaimana solusinya? Simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com - Vagina dapat mengalami perubahan setelah melahirkan terutama ketika Anda melahirkan secara normal. Ketika Anda melahirkan secara normal, bayi akan keluar melalui mulut rahim dan vagina.

Vagina juga harus cukup besar dan lentur agar bayi dapat keluar. Bahkan seringkali kulit di antara vagina dan anus, perineum, dapat robek atau digunting oleh dokter untuk mempermudah proses persalinan.

Lalu, perubahan apa saja yang terjadi pada vagina setelah melahirkan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 5 halaman

Vagina Melebar

Vagina Anda akan terlihat lebih lebar dari sebelumnya dan akan "terasa" lebih kendur, halus dan "terbuka". Hal ini normal adanya dan bengkak serta "terbuka" tersebut akan berkurang beberapa hari setelah bayi Anda lahir.

Vagina Anda juga mungkin tidak akan kembali secara komplit ke bentuknya seperti sebelum melahirkan, namun Anda tidak perlu khawatir. Karena ada solusi sederhana yang dapat membantu.

Solusi: Anda dapat melakukan senam kegel secara rutin untuk mengembalikan kekuatan otot-otot vagina dan otot dasar panggul.

Kemudian apa yang harus dilakukan jika kondisi vagina kurang lubrikan, atau kering? Dapatkah untuk memulai hubungan seks? Adakah dampak bahayanya? Berikut penjelasannya:

2 dari 5 halaman

Kekeringan Pada Vagina

Hal ini normal dialami pada wanita setelah melahirkan. Kekeringan pada vagina ini disebabkan oleh penurunan hormon estrogen pada tubuh dibandingkan saat hamil. Pada wanita yang menyusui, kadar estrogen akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meyusui, sehingga kekeringan akan lebih terasa. Ketika Anda sudah berhenti menyusui dan siklus menstruasi Anda kembali normal, maka kekeringan vagina biasanya tidak Anda alami lagi.

Solusi: Kekeringan pada vagina menenggarai pada kondisi rasa nyeri ketika bersenggama. Untuk mengatasinya, Anda dapat membantu dengan lubrikan.

Kemudian jika vagina kering, bagaimana untuk kondisi memulai hubungan seks? Akankah menimbulkan dampak nyeri? Berikut paparannya:

3 dari 5 halaman

Nyeri Pada Luka Bekas Jahitan

Nyeri pada area vagina umum dialami setelah melahirkan dan biasanya akan membaik 6-12 minggu setelah melahirkan.

Solusi: Lagi-lagi senam kegel juga dianjurkan untuk mengurangi nyeri. Pastikan untuk membersihkan luka bekas jahitan Anda setiap hari dan jika Anda merasakan nyeri yang hebat, Anda dapat meminta dokter untuk meresepkan obat pengurang rasa sakit yang aman bagi wanita menyusui.

Lalu kapankah waktu yang ideal untuk dapat kembali melakukan hubungan seksual setelah melahirkan? Berikut adalah paparannya:

4 dari 5 halaman

Nyeri Saat Berhubungan Seks

Tidak ada waktu yang tepat atau tidak tepat untuk kembali memulai hubungan seks setelah melahirkan.

Namun janganlah terburu-buru. Jika Anda merasakan nyeri saat berhubungan seks karena vagina yang kering.

Solusi: Anda dapat menyiasatinya dengen menggunakan lubrikan. Selain itu janganlah lupa untuk menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan, karena sangatlah mungkin Anda dapat kembali hamil 3 minggu setelah Anda melahirkan.  

0 Komentar

Belum ada komentar