Sukses

6 Tips Mencukur yang Sehat

Apakah Anda tahu? Salah teknik mencukur dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis yang membahayakan? Dari iritasi kulit, sampai ke infeksi bakteri dapat terjadi pada kulit Anda. Simak selengkapnya disini bersama dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com – Apakah Anda tahu? Salah teknik mencukur dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis yang membahayakan? Dari iritasi kulit, sampai ke infeksi bakteri dapat terjadi pada kulit Anda.

Anda dapat meninjau lebih jauh mengenai bahaya dan risiko apa saja jika teknik mencukur Anda kurang tepat di artikel yang kami tulis berikut ini, Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah.

Untuk mendapatkan proses cukur yang tepat teknik dan baik secara kesehatan, Inilah beberapa tips mencukur sehat:

  1. Sebelum mencukur, basuhlah wajah Anda dengan air hangat atau gunakan handuk yang telah dicelup di air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis Anda. Atau opsi lainnya Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas.
  1. Gunakan shaving gel (shaving cream dapat menyumbat pori-pori) dan biarkan selama sekitar 3 menit, baru mulai mencukur. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut
1 dari 2 halaman

Cara Mencukur yang Sehat

Berikut ini adalah cara mencukur yang baik dan benar lainnya:

  1. Selalu gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara reguler setelah 3 atau 4 kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi kulit setiap kali mencukur, gunakanlah pisau cukur dengan satu mata pisau. Bersihkan selalu pisau cukur Anda secara rutin.
  1. Cukurlah dengan tekanan minimal searah dengan arah tumbuhnya rambut. Jika melawan arah tumbuhnya rambut, dapat berpotensi menyebabkan pseudofolliculitis barbae.
  1. Setelah selesai mencukur, basuhlah wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan keringkan namun jangan digosok.
  1. Gunakan pelembab non alkohol setelah mencukur.

Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit (pelepasan lapisan kulit terluar) dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar