Sukses

Cara Mengobati Memar Mata

Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Berapa lamakah ideal pengpmpresan? Berikut penjelasan dr. Dina Kusumawardhani disini.

KlikDokter.com – Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Hal ini guna mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan. Memar mata terjadi karena benturan benda keras.

Tanda yang akan terlihat adanya benjolan pada bagian yang terbentur, kadang disertai warna kebiruan. Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya.

Struktur wajah dan mata sangat sesuai untuk melindungi mata dari cedera. Bola mata terdapat di dalam sebuah rongga yang dikelilingi oleh bubuhan bertulang yang kuat. Kelopak mata bisa segera menutup untuk membentuk penghalang bagi benda asing dan mata bisa mengatasi benturan yang ringan tanpa mengalami kerusakan.

Meskipun demikian, mata dan struktur di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat cedera.

Lalu adakah kiat untuk menyamarkan ataupun mengobati mata memar? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Mengobati Memar Pada Mata

Cedera yang terjadi pada mata bisa berupa memar akibat terkena benturan sesuatu. Mungkin tidak ada benda asing disekitar mata tetapi memar bisa terjadi di mata atau bahkan di bola matanya, bisa membuat khawatir dan terjadi kerusakan penglihatan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat memar mata terjadi, yaitu;
  • Kompres es batu : lakukan setiap 5-10 menit, lalu istirahatkan 5-10 menit berikutnya selama seharian. Es batu di balut dengan handuk kecil, lalu kompreskan pada mata yang memar terus secara perlahan-lahan. Pengompresan ini akan mengurangi pembengkakkan.

  • Kompres air hangat : kompres ini dilakukan 1-2 hari setelah kompres es batu. Kompres air hangat juga dapat membantu memperlancar peredaran darah yang memar dan melebarkan pembuluh darah setempat.

  • Berikan obat antinyeri seperti parasetamol. Hindari ibuprofen atau aspirin karena ditakutkan akan menambah perdarahan.

  • Jika memar mata bertambah parah dan ada cairan keluar dari mata, rasa nyeri terus menerus, penglihatan terganggu, segera temui dokter Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar