Diet dan Nutrisi

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

dr. Adithia Kwee, 10 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang untuk terjangkit sebuah penyakit. Simak 3 tips menambah daya tahan tubuh disini dari dr. Adithia Kwee.

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

KLIKDOKTER.com - Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang untuk terjangkit sebuah penyakit. Daya tahan tubuh kita akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh kita.

Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit.  Oleh karena itu sangat penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain:

Daya Tahan Tubuh

Kiat menambah daya tahan tubuh:

1. Tidur

  • Cukupkan dan jagalah pola tidur
  • Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita.
  • Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya

2. Kurangi pikiran mencekam atau stres

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda.

3. Suplemen & nutrisi

  • Vitamin D Beberapa suplemen juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin D terbukti dapat meningkatkan imun tubuh seseorang, oleh karenanya mengkonsumsi vitamin D baik yang berupa suplemen atau dari sumbernya langsung seperti ikan salmon dan ikan tuna sangat baik untuk tubuh.

  • Vitamin C Selain vitamin D, vitamin C juga terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu biji juga dapat dilakukan.

  • Zinc Selain kedua vitamin tersebut, suplemen zink juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral zink sangat baik untuk menjaga kondisi saluran pencernaan kita, serta sebagian besar sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Sangat mudah bukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita? Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana. Kepedulian Anda akan pola hidup anda akan sangat berpengaruh untuk kesehatan Anda sendiri.

DayaTahan Tubuh

Konsultasi Dokter Terkait