Sukses

Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus. Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah? Simak selengkapnya disini bersama dr. Alvin Nursalim disini.

Klikdokter.com - Pasti Anda sudah akrab dengan kata ‘Asam urat’. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti  peningkatan produksi asam urat tubuh atau karena penurunan pengeluaran materi ini dari tubuh.

Peningkatan produksi biasanya terkait dengan peningkatan makanan yang tinggi purin. Purin sendiri terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging, atau jeroan.

Peningkatan asam urat akan meningkatkan kemungkinan seorang mengalami berbagai komplikasi akibat asam urat.

Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus.

Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Komplikasi Asam Urat #1: Gout Arthritis

asam urat Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi.

Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah.

Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh.

Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis). 

Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Komplikasi Asam Urat #2: Batu Ginjal

batu ginjal asam uratPeningkatan asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Jika ukurannya kecil, batu ginjal dapat tidak bergejala, namun jika ukurannya besar tentu akan menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan buang air kecil, nyeri pinggang atau menyebabkan infeksi saluran kencing.

Jika batu ginjal tidak ditangani dengan tepat, batu ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan penanganan lebih serius.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Komplikasi Asam Urat #3: Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan tahap akhir dari perjalanan kerusakan ginjal. Salah satu penyebab gagal ginjal terkait asam urat adalah batu ginjal. Batu ginjal yang tidak ditangani dengan tepat menyebabkan penuruan fungsi ginjal secara bertahap, sampai pada akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Apabila gagal ginjal sudah memasuki tahap akhir, maka harus ditangani dengan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis atau cuci darah. 

Baca juga:

Cara Membersihkan Telinga yang Benar 

Waspada Jika Telinga Berdengung!

Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung Dapat Menyebabkan Radang Otak

Tindakan Awal Ketika Mimisan

0 Komentar

Belum ada komentar