Sukses

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Ada beberapa makanan yang diyakini memiliki khasiat mengurangi risiko stres. Berikut ini daftar makanan yang ada:

KlikDokter.com - Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan.

Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang.

Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres:

1 dari 3 halaman

Beberapa Makanan Pencegah Stres:

Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stress:

  1. Pepaya

Pepaya ternyata mengandung nutrisi yang mampu menghentikan stress seseorang. Nutrisi itu mampu memancing produksi hormon anti stress dalam tubuh. Berdasarkan hasil riset Universitas Alabama, AS satu pepaya berukuran besar mengandung 200 mg vitamin C.

  1. Teh Peppermint

Teh dengan daun mint direkomendasikan sebagai minuman yang mampu membuat anda jauh lebih fokus dan meningkatkan semangat kerja seseorang. Sejumlah riset mengungkap konsumsi teh pepermint selama perjalanan jauh membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus. Bagi seseorang yang tidak menyukai teh mungkin bisa menggantinya dengan permen pepermint atau minyak pepermint.

  1.  Biji Labu

Labu terutama pada bijinya mengandung magnesium yang tinggi. Tubuh membutuhkan magnesium dalam jumlah besar, namun sayangnya, hanya 30 persen dari magnesium yang dipenuhi. Akibatnya, resiko gejala stres seperti sakit kepala, cemas, tegang, kelelahan, insomia, gelisah dan tekanan darah tinggi. Seperempat mangkuk biji labu mampu memenuhi setengah kebutuhan magnesium dalam sehari.

Beberapa makanan lainnya untuk pencegah stres:

2 dari 3 halaman

Beberapa Makanan Pencegah Stres: Lainnya

Menu lainnya untuk makanan pencegah stres:
  1. Alpukat

Tubuh kita membutuhkan cukup kalium yang berguna untuk merelaksasikan otot pada tubuh. Stress dapat menyebabkan berkurangnya kalium dalam tubuh. Alpukat mengandung kalium yang terbilang tinggi, bahkan kandungan kalium dalam alpukat lebih tinggi ketimbang pisang.

  1. Salmon

Salah satu kandungan gizi yang cukup esensial dari ikan salmon adalah omega-3. Daging salmon juga mengandung protein tinggi (triptofan). Satu filet salmon memiliki kandungan triptofan yang kita butuhkan dalam satu hari. Makanan bergizi inilah yang dapat menjadi pasokan kalori untuk tubuh kita ketika kita mengalami stress.

  1.  Kacang Almond

Kacang Almond mengandung banyak vitamin E yang dapat memicu tubuh memproduksi hormon anti stres (endhorphin).

  1. Havermut

Efek biokimia dari stres adalah kehabisan stok serotonin, hormon yang membuat Anda merasa sejuk, tenang, dan terkendali. Untuk memperlancar produksi serotonin, konsumsilah makanan kaya serat seperti gandum (havermut).

Olahraga teratur juga dapat memicu tubuh kita untuk memproduksi hormon anti stress (endhorphin). Jadi selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, sebaiknya kita juga melaksanakan pola hidup sehat, salah satunya dengan cara berolahraga secara teratur.

0 Komentar

Belum ada komentar