Sukses

5 Khasiat Teh Hijau bagi Tubuh

Tidak sedikit info beredar mengenai khasiat teh hijau bagi kesehatan. Namun sudahkah Anda melengkapi pengetahuan tentang teh hijau yang dari tinjauan medis melalui penelusuran penelitian? Simak lebih jauh disini oleh dr. Jessica Florencia.

Klikdokter.com - Teh adalah minuman yang tersebar luas di seluruh dunia. Minuman ini sering kita nikmati dalam bentuk teh hitam, teh hijau dan teh Oolong. Dari ketiga jenis teh tersebut, teh hijau merupakan jenis teh yang telah banyak diteliti dan ditemukan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Hal ini terkait dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa teh hijau merupakan teh yang mengandung antioksidan catechin yang paling tinggi dibandingkan teh hitam ataupun teh Oolong. Antioksidan catechin telah diteliti dapat memberikan beberapa khasiat kesehatanyang baik.

Khasiat teh hijau yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu itu memang mengundang ketertarikan dari para peneliti.

Berikut adalah beberapa khasiat kesehatannya yang telah diteliti oleh para ahli: 

1 dari 3 halaman

Teh Hijau dan Kesehatan

Beberapa manfaat teh hijau untuk tubuh:

1. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oklahoma Health Sciences Center menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau 4 cangkir sehari dapat membantu menurunkan berat badan dalam 8 minggu. Berat badan secara umum, lingkar perut, dan massa lemak tubuh ditemukan menurun setelah konsumsi teh hijau. Tentu saja hal ini harus disertai dengan asupan makanan yang seimbang dan baik. 

2. Membantu mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus dan hiperkolesterolemia

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The University of Birmingham menunjukkan bahwa kombinasi olahragadan konsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan juga mengontrol kadar gula dalam darah sehingga memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan kontrol terhadap tekanan darah, berat badan dan massa lemak tubuh serta kontol kadar kolesterol dalam tubuh maka teh hijau dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.  

Berikut beberapa manfaat teh hijau lainnya:

2 dari 3 halaman

Teh Hijau dan Kesehatan

Beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh lainnya:

4. Memiliki aktivitas antibakteri, antivirus dan antijamur

Penelitian-penelitian yang ada telah menunjukkan bahwa aktivitas epigallocatechin gallate dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri dan virus yang menyebabkan gangguan saluran cerna seperti diare. Selain itu juga ternyata dapat menghambat pertumbuhan jamur sehingga dapat membantu kerja obat antijamur. 

5. Memiliki potensi pencegahan kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki potensi menjanjikan untuk mencegah terjadinya kanker, terutama kanker payudarakanker indung telur, kanker prostat dan kanker endometrium. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menegaskan mekanisme kerjanya pada manusia, namun penelitian awal menunjukkan bahwa antioksidan polifenol dalam teh hijau dapat bekerja menghambat pembentukan dan perkembangan tumor dalam tubuh hewan. 

Memang masih diperlukan penelitian lebih jauh tentang khasiat teh hijau bagi tubuh dan hingga saat ini masih banyak penelitian yang sedang dilakukan terkait dengan manfaat kesehatan teh hijau. Mengingat manfaatnya bagi kesehatan, mari kita nikmati teh hijau kita dengan sehat yaitu dengan mewaspadai kandungan gula dalam teh kita dan memperhatikan kandungan-kandungan campuran lainnya dalam teh hijau yang kita konsumsi agar teh hijau yang kita konsumsi dapat tetap memberikan khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Juga pastikan Anda tidak meminum teh ketika masih panas. Terdapat beberapa penelitian yang melaporkan terdapat risiko kanker jika meminum teh ketika masih panas. Sebaiknya tunggu sejenak teh Anda hingga suhu yang nyaman, kemudian nikmati teh hijau untuk kesehatan Anda.

Tidak ketinggalan, jika Anda memberikan teh hijau kepada si Kecil, pastikan batasi asupannya kepada anak Anda.  

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar