Sukses

Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

Sering kita mendengar bagaimana minuman bersoda disebut-sebut sebagai biang kerok masalah kesehatan tubuh. Tahukah Anda kenapa sebabnya? Disini faktanya terungkap bersama dr. Devina Nova Estikaratri.

Sebabnya adalah konsumsi minuman ringan yang mengandung soda dan gula tentunya menambah asupan kalori bagi tubuh. Kalori berlebih pada tubuh akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Jika demikian terbiasa minum minuman bersoda, akumulasi lemak akan sering menimbun dan menyebabkan kegemukan (obesitas).

Sebagaimana kita ketahui bersama, obesitas juga merupakan biang kerok masalah kesehatan lebih luas. Dari penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit degeneratif lainnya.

Apa saja bahayanya minum minuman bersoda? Simak penjelasan poteni penyakit-penyakitnya sebagai berikut.

Diabetes Mellitus

Beberapa jurnal kedokteran menyatakan bahwa pengkonsumsi minuman manis bersoda memiliki potensi dua kali lebih besaruntuk terkena diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, pria dan wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman bersoda setiap hari, akan memiliki peningkatan potensi gangguan metabolisme gula darah sebesar 25% dan sindroma metabolic sebesar 50%.

Penyakit Jantung

Penggemar minuman bersoda cenderung memiliki berat badan berlebih dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Minuman yang dicintai oleh masyarakat ini mampu meningkatkan kadar insulin dalamdarah, sehingga jumlah lemak di dalam perut yang terletak di sekitar organ pun meningkat.

Ketika kadar insulin meningkat setelah konsumsi minuman ini, tubuh biasanya akan terasa lapar dan merangsang otak untuk mengkonsumsi makanan lebih daripada kebutuhan kalori sehari-hari, lalu akan diteruskan dengan konsumsi minuman bersoda lainnya. Hal ini diperburuk dengan kecenderungan pemilihan menu makanan yang tidak sehat bagi penggemar minuman bersoda.

Rangkaian kondisi inilah yang dapat berujung pada peningkatan kadar gula, kolesterol dan protein dalam darah serta berakhir sebagai sindroma metabolik.

Kesehatan Tulang

Minuman bersoda banyak mengandung fospat, yang apabila kandungannya di dalam tubuh melebihi kadar kalsium dapat mengganggu kesehatan tulang. Untuk itulah konsumsi kalsium sangat penting, terutama di masa pertumbuhan.

Bersikaplah bijak dalam memilih menu Andasehari-hari. Apabila Anda memang tidak bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi minuman bersoda, konsumsilah susu, buah, sayuran atau kacang-kacangan sebagai penyeimbang. Kandungan kalsium dan serat yang terkandung dari sumber nutrisi yang disebutkan sebelumnya ini dapat menyeimbangkan kadar insulin dan kalsium dalam darah.

0 Komentar

Belum ada komentar