Diet dan Nutrisi

Daftar Makanan yang Kaya Kalsium Selain Susu

dr. Dewi Ema Anindia, 04 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Susu tidak selalu menjadi andalan sumber kalsium, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium melalui makanan lainnya, ketahui lebih lengkap disini bersama dr. Dewi Ema Anindia.

Daftar Makanan yang Kaya Kalsium Selain Susu

KlikDokter.com - Kalsium merupakan suatu komponen yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta untuk memastikan kerja yang benar dari otot, sel, dan syaraf. Orang dewasa membutuhkan kira-kira 1,000 mg kalsium setiap harinya. Memang sumber kalsium paling besar dapat ditemukan di susu, namun ternyata ada beberapa jenis makanan juga lho yang tinggi akan kandungan kalsium. Berikut ini jenis makanan tersebut.

  • Brokoli

Percaya atau tidak, selain tinggi akan kandungan kaslium, sayuran jenis brokoli ini mengandung vitamin C yang tinggi. Penelitian menunjukkan mengkonsumsi brokoli disebut dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker kandung kemih.

  • Edamame

Edamame merupakan jenis sayur kacang-kacangan yang sudah lama dikonsumsi di Cina dan Jepang sejak beribu tahun yang lalu. Edamame juga memiliki kandungan protein yang tinggi termasuk 9 asam amino yang esensial. 

Makanan Sumber Kalsium Lainnya Selain Susu

  • Jeruk

Anda pasti mengetahu ijeruk sebagai sumber vitamin C yang dapat berfungsi untuk perbaikan imunitas tubuh, jeruk juga rendah akan kalori dan tinggi akan kandungan antioksidan.

  • Tahu

Anda pasti mengetahui tahu (tofu) sebagai sumber protein. Namun tahu pun mengandung kalsium yang tinggi.

  • Ikan Sardin

Selain mengandung kalsium yang tinggi, ikan ini juga merupaka number vitamin B12 yang tinggi, vitamin ini berfungsi untuk kesehatan dari otak dan sistem saraf. Ikan sardin juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

  • Kacang Almond

Kacang almong merupakan kacang yang paling sehat untuk kesehatan Anda. Kacang ini mengandung 12% protein yang dibutuhkan sehari-hari dan kaya akan kandungan vitamin E dan kalium. Walaupun kacang ini dapat menggendutkan tubuh namun kacang jenis ini juga membantu menurunkakn kolestrol jahat di tubuh Anda, jadi konsumsilah kacang ini dalam  jumlah yang secukupnya.

sususehatkalsium

Konsultasi Dokter Terkait