Sukses

Benarkah Minuman Anggur Merah Menyehatkan?

Selain cita rasanya yang nikmat, minuman anggur merah atau red wine juga terbukti memiliki manfaat dalam segi kesehatan. Simak faktanya disini bersama dr. Adithia Kwee.

KlikDokter.com - Siapa yang tidak tahu minuman anggur merah? Anggur merah atau lebih dikenal dengan  red wine  merupakan salah satu minuman yang paling sering di konsumsi terutama di daerah Barat. Minuman ini terkenal karena aromanya yang nikmat dan rasa hangatnya ketika masuk ke dalam tubuh.

Namun, selain cita rasanya yang nikmat, red wine  juga terbukti memiliki manfaat dalam segi kesehatan. Red wine mengandung Resveratrol yang membantu untuk mencegah kerusakan pembuluh darah dan menurunkan LDL atau ‘kolestrol jahat’. Etanol dalam red wine juga dapat meningkatkan kadar dari HDL atau ‘kolestrol baik’.

Red Wine juga merupakan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Salah satu manfaat dari red wine sebagai antioksidan adalah untuk mencegah klot pada darah yang secara tidak langsung akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Lalu apa dasarnya? Adakah penelitian ilmiah yang menguatkan? Ada, berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Red Wine Bermanfaat Kesehatan

Berdasarkan penelitian dari The New England Journal of Medicine, konsumsi alkohol dalam batas normal juga terbukti dapat meningkatkan kinerja otak. Orang yang meminum alkohol dalam batas normal memiliki risiko 23% lebih rendah terhadap penurunan kerja otak dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun sekali lagi, semua keuntungan ini hanya akan didapatkan jika konsumsi red wine  masih dalam batas normal. Meski banyak keuntungan yang bisa didapatkan pada red wine, peneliti tidak menyarankan konsumsi red wine hanya untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena konsumsi red wine berlebih dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, obesitas, kerusakan hati, dan lain-lain.

Batas normal konsumsi red wine sendiri adalah 1 gelas (kurang lebih 150mL) untuk wanita dan 2 gelas untuk pria per harinya. Selebihnya, hati-hati komplikasi akibat alkohol!

0 Komentar

Belum ada komentar