Sukses

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

Cokelat itu sehat! Dari bisa cegah stroke, nurunin darah tinggi, sampai bikin mood jadi happy. Ngga percaya? Nih lihat disini apa kata dr. Adithia Kwee

cokelat coklat sehatKlikdokter.com - Apakah Anda termasuk penggemar cokelat? Jika iya, jenis cokelat apa yang menjadi favorit Anda? Apakah cokelat susu ataukah cokelat hitam?

Beberapa orang menghindari konsumsi cokelat karena takut mengalami kegemukan. Padahal tidak semua jenis cokelat menyebabkan gemuk, contohnya cokelat hitam.

Walaupun rasanya lebih pahit daripada cokelat susu, namun ternyata keunggulan cokelat hitam jauh lebih banyak. Cokelat hitam justru akan menurunkan kadar asam lemak dalam darah Anda. Selain itu, cokelat hitam juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat Anda dan menaikkan kadar kolesterol baik Anda.

Menurut penelitian, cokelat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Klik 'next' untuk selanjutnya.

1 dari 7 halaman

1. Mencegah stroke

cokelat strokeSudah tidak sedikit penelitian yang memaparkan keuntungan manfaat cokelat terhadap kesehatan pembuluh darah dan peredaran darah. 

Sebuah penelitian melaporkan, orang yang mengkonsumsi cokelat 1,8 ons per minggu terbukti risiko terkena stroke lebih rendah 17% daripada orang yang mengkonsumsi cokelat hanya 0,4 ons per minggu.

Jadi, cokelat selain dimakannya menyenangkan, dapat juga sekaligus membuat Anda terhindar serangan stroke. 

Klik 'next' untuk mengetahui bagaimana cokelat dapat bermanfaat sebagai solusi masalah darah tinggi.

 

2 dari 7 halaman

2. Menurunkan Tekanan Darah

sehat cokelatPenelitian mengungkapkan, mengkonsumsi cokelat hitam hingga 3,5 ons perhari dapat menurunkan tekanan darah hingga 2.77/2.20 mmHg.

Cokelat hitam berbeda dengan cokelat yang kebanyakan. Walau rasanya sedikit lebih pahit (tergantung kadar yang ada), manfaat kepada kesehatan lebih banyak. Salah satunya adalah menurunkan kecemasan atau dalam kalimat lain, sebagai solusi stres!

Menarik bukan, bagaimana cokelat bisa menjadi obat, sekaligus pelepas stres Anda? Klik 'next' untuk mengetahui selanjutnya bagaimana cokelat dapat meningkatkan mood Anda!

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Mood

cokelat moodMengkonsumsi cokelat juga terbukti dapat merangsang pengeluaran zat kimia di otak bernama dopamine yang berperan dalam menaikkan mood seseorang. Makan cokelat hitam (dark chocolate) ternyata mendatangkan manfaat bagi mereka yang sering merasa cemas.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland yang dipublikasikan di Journal of Proteome Research menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat jenis ini setiap harinya selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stress kortisol dan juga katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Para peneliti melihat efek dari mengonsumsi 40 gram cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dengan pengukuran urin dan darah pada 30 dewasa sehat. Tingkat kecemasan para peserta sudah ditentukan sejak awal penelitian, dan sampel untuk darah maupun urin kemudian dikumpulkan dan dianalisa saat awal dan akhir dari penelitian selama dua minggu.

Hasilnya bahwa konsumsi cokelat hitam harian akan turunkan kadar hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Kemudian, jangan heran. Ternyata makan coklat bisa membantu Anda mengurangi kegemukan! Mau tahu bagaimana cokelat membantu mengendalikan berat badan Anda?

Klik 'next' untuk selanjutnya.

4 dari 7 halaman

4. Mengurangi Kegemukan

'cokelat Cokelat susu yang sudah mendapatkan tambahan gula dan asam lemak memang cenderung meningkatkan lemak tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

Namun beda halnya dengan mengkonsumsi cokelat hitam karena justru akan mengurangi kadar lemak dalam darah.

Menyenangkan bukan mengetahui ini? Asal dengan syarat Anda dapat memastikan kadar gula yang tidak berlebihan pada cokelat yang Anda makan, kalori yang ada dapat Anda kendalikan, demikian juga berat badan Anda.

Berikutnya, cokelat ternyata bisa membantu Anda menekan risiko serangan jantung! Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

5 dari 7 halaman

5. Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Mirip dengan poin sebelumnya, dimana cokelat dapat menjadi solusi Anda mengendalikan risiko stroke.

Karena faedah dasarnya sama, dimana cokelat dapat membantu kesehatan pembuluh darah Anda, maka sama halnya dengan kesehatan jantung.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi cokelat 1-3 kali setiap bulannya dapatmenurunkan risiko gagal jantung sebanyak 26%, dan mengkonsumsi cokelat 1-2 kali per minggu dapat menurunkan risiko gagal jantung sebanyak 32%.

Klik 'next' untuk mengetahui bagaimana cokelat dapat membantu solusi Anda sebagai anti penuaan dini.

6 dari 7 halaman

6. Sebagai Anti-oksidan

Cokelat mengandung zat bernama flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Penambahan gula dan lemak pada produk-produk cokelat seperti permen dapat mengurangi manfaat cokelat tersebut, sehingga yang lebih baik dikonsumsi adalah cokelat hitam.

Kini Anda sudah mengetahui sekian banyak manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh manusia, kini Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi cokelat yang manis nan lezat. 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar