Diet dan Nutrisi

Makanan Bebas Gluten, Benarkah Sehat?

dr. Adithia Kwee, 02 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda sudah pernah dengar istilah makanan bebas gluten? Dibeberapa kalangan sedang populer dan dijadikan menu untuk kesehatan. Tapi apa benar? Simak penjelasan!

Makanan Bebas Gluten, Benarkah Sehat?

Akhir-akhir ini muncul satu fenomena yang terbilang tidak biasa, produsen makanan berebut hati konsumennya dengan menjual makanan bebas gluten, mereka menempel besar-besar label bertuliskan ‘gluten-free’ di roti atau kue yang mereka jual, dan tidak sampai disitu, makanan bebas gluten ini ternyata tidak murah harganya, sang konsumen pun harus merogoh kocek lebih dalam, benarkah makanan bebas gluten menyehatkan kita?

Namun sebelum kita berbicara bagaimana makanan bebas gluten dapat menyehatkan Anda, ada baiknya terlebih dahulu Anda untuk mengenali apa itu gluten.

Apa Itu Gluten?

Mengenal Makanan Bebas Gluten

Gluten adalah jenis protein yang terdapat dalam bahan pangan seperti gandum, dan sebagian besar produk biji-bijian. Salah satu kelainan yang dikenal dalam dunia medis yang berkaitan dengan gluten adalah penyakit Celiac (Celiac disease), dimana penderita penyakit ini tubuhnya memberikan reaksi penolokan pada gluten, sehingga mereka sama sekali tidak dapat mengkonsumsi produk pangan mengandung gluten.

Artikel Lainnya: Siapa Saja yang Perlu Diet Bebas Gluten?

Sedangkan, bagi kita yang tidak terkena penyakit Celiac, gluten tidak merugikan kita, sesungguhnya makanan yang mengandung gluten justru mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh, vitamin B salah satunya. Sehingga keputusan untuk diet gluten atau memakan produk yang sama sekali tidak mengandung gluten akan membuat kita kehilangan vitamin dan mineral yang sebenarnya kita butuhkan.

Sungguh disayangkan bukan? Selain merogoh kocek lebih dalam kita juga akan kurang nutrisi dari makanan yang mengandung gluten. Jadi, mulai hari ini, bersyukurlah Anda bukan pengidap penyakit Celiac dan bebas memakan apa saja yang mengandung gluten, tetapi jangan lupa untuk berolahraga rutin! Tubuh yang sehat adalah tubuh yang dilatih berolahraga dan makan makanan yang bernutrisi cukup.

Freemakangluten

Konsultasi Dokter Terkait