Sukses

8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

Anda penggemar ikan dan seafood? Beruntunglah, karena manfaat kesehatan dari menu kesukaan Anda sangatlah banyak. Nih simak selengkapnya bersama dr. Puti Naindra Alevia disini.

Klikdokter.com - Secara geografis, Indonesia wilayah Indonesia terdiri dari 75% lautan dan 25% daratan. Tidak mengherankan bila kekayaan laut kita sangat beragam sehingga berpotensi untuk pengembangan usaha budidaya ikan.

Sayangnya konsumsi ikan atau makanan laut lainnya di Indonesia justru rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan Malaysia. Padahal sulit ditampik, selain Indonesia diakui sebagai negara maritim, ikan sendirii memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat dan kebaikan ikan untuk kesehatan tubuh manusia, maka Anda teruskan melanjutkan membaca 

Simak tujuh fakta sehat ikan dan makanan laut di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Tujuh manfaat kesehatan dari ikan untuk tubuh:

1. Ikan & Seafood = Obat Anti Stres

Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan strok yang lebih rendah. Selain itu, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa kanker serta memperbaiki mood.

2. Ikan Kaya akan Omega-3

Manfaat makan ikan didapat dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak ini membantu sel-sel kita bekerja. Ikan yang kaya omega-3 antara lain salmon, sardin, dan mackarel.

3. Omega 3 dari Ikan Bagus untuk Jantung

American Health Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 porsi sajian setiap minggunya. Hal ini berlaku terutama untuk ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi.

4. Sushi Memang Enak, Tapi Waspadailah Ikan Mentah

Memakan ikan mentah sushi tetap memiliki risiko kesehatan. Meskipun ikan untuk sushi dalam prosesnya dibekukan secara cepat (flash frozen) sehingga dapat membunuh parasit yang ada. Namun, satu-satunya cara yang pasti untuk menghindari pajanan parasit atau bakteri adalah dengan memasak ikan tersebut.

5. Ikan Mencegah Kepikunan di Hari Tua

Penelitian menunjukkan bahwa memakan ikan yang dipanggang atau direbus setidaknya sekali seminggu untuk jangka waktu yang lama dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer (dementia / pikun di hari tua) dan penurunan mental.

6. Ikan & Seafood Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Hamil bukan berarti harus menghindari ikan. Sebaliknya, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi ikan hingga 12 ons tiap minggunya. Ikan memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak bayi. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi ikan secara teratur memiliki anak dengan skor IQ yang lebih tinggi. Pilih ikan yang rendah merkuri seperti tuna dan salmon.

7. Hindari Menggoreng Ikan, Lebih Baik Panggang atau Rebus Ikan Anda.

Menggoreng ikan berarti menghilangkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya. Pilihlah ikan yang dipanggang atau direbus.

Marilah memulai kebiasaan makan ikan secara teratur setiap minggunya. Manfaatkan kekayaan laut yang mengelilingi Indonesia kita. 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar