HomeInfo SehatKulit7 Makanan Untuk Kulit Sehat
Kulit

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

dr. Dewi Ema Anindia, 28 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada 7 makanan rekomendasi dr. Dewi Ema Anindia berikut ini yang dapat membantu kesehatan kulit Anda. Yuk simak selengkapnya disini.

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

Klikdokter.com – Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain:

minum air putih kulit sehat1.       Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Selenium

Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

Sumber selenium yang baik adalah:selenium

  • kacang-kacangan
  • jamur
  • udang
  • kambing
  • ikan
  • semangka
  • tiram
  • bawang putih
  • bayam
  • brokoli

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

Coenzyme Q10CoQ10 merupakan anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun produksi CoQ10 ini berkurang dengan bertambahnya usia.

CoQ10 melindungi kulit dan sel tubuh lainnya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

CoQ10 juga memliki peran penting dalam produksi energi dan fungsi dari sel. Makanan yang tinggi akan kandungan ini adalah ikan (salmon dan tuna), daging dan biji-bijan.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4. Antioksidan

antioxidantAntioksidan dapat mencegah atau memperlambat kerusakan kulit dan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu proses penuaan dini. Dimana ditandai dengan kondisi munculnya keriput sebelum waktunya.

Atau kondisi kulit kering yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat kasar. Bahkan radikal bebas lebih kronis akan mencetuskan kondisi kanker pada tubuh.

Penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun pada prinsipnya bisa diperlambat. Caranya? Radikal bebas dapat dihambat dengan zat antioksidan.

Antioksidan dapat ditemukan dalam sejumlah makanan terutama buah dan sayur yang bewarna seperti tomat, bayam, kentang, dan berries.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5. Vitamin A

vitamin aMau menghilangkan kulit kering? Segera konsumsi jeruk dan wortel. Jenis sayur dan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vtiamin A yang digunakan di kulit pun dapat mebantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput.

Vitamin A merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber vitamin A lagi seperti telur, sayuran hijau dan susu rendah lemak.

Sumber vitamin A:

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning
  • Hati
  • buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
  • Susu
  • Ikan.

Penyakit yang dapat ditimbulkan bila kekurangan vitamin A:

Rabun senja, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, katarak, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

6. Vitamin C

Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C membantu mencegah efek dari radikal bebas yang dapat meneghilangkan kandungan kolagen dan elastin. Beberapa sumber penting vitamin C adalah buah-buahan seperti papaya, kiwi, dan brokoli.vitamin c

Jika Anda terpikir untuk meminum suplemen vitamin C dalam dosis tinggi yang marak di pasaran untuk asupan harian, urungkanlah. Asupan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi dari yang makanan keseharian Anda.  Karena vitamin C yang Anda minum/makan dari produk vitamin C dosis tinggi hanya akan terbuang membuatnya sia-sia dan buang-buang uang.

Namun jika Anda dalam kondisi pemulihan penyakit dan sebagainya, maka penggunaan vitamin C dosis tinggi dapat dianjurkan.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

7. Vitamin E

Vitamin E merupakan anti-oksidant lain yang juga berfungsi mencegah kerusakan kulit akbiat sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin E yang tinggi dapat ditemukan di asparagus, bayam, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Makanan Kulit Sehat

Konsultasi Dokter Terkait