Sukses

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan...
KlikDokter.com - Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan.

Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya:

  • Buah–buahan dan sayuran

    • Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata.

    • Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.

    • Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit.

Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah:

1 dari 3 halaman

Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya:

  • Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.
  • Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan. Selain itu ikan juga berguna membantu mengurangi resiko stroke, penyakit jantung dan Alzheimer. Konsumsilah setidaknya 2 kali dalam seminggu.

  • Susu. Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalam produk susu sangat penting untuk tulang yang kuat. Dengan mengkonsumsi 2 gelas susu rendah lemak, yoghurt, ataupun produk berbahan dasar susu lainnya setiap hari, maka Anda akan terhindar dari risiko osteoporosis.

  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein nabati yang baik, sebagai alternatif sumber protein lain dari daging merah, untuk mencegah penuaan dan penyakit-penyakit degeneratif.

?Sementara itu, ada beberapa makanan lainnya yang dapat membuat Anda tampak tua lebih cepat, yakni diantaranya:

2 dari 3 halaman

Makanan-makanan yang sebaiknya dikurangi:

  • Daging merah. Lemak jenuh yang terkandung pada daging merah dapat beresiko pada penyumbatan pembuluh darah dan berujung pada penyakit jantung.
  • Gula. Seperti yang telah kita ketahui, konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan level glukosa dalam darah dan konsumsi kalori yang berlebih dapat membuat insulin menjadi resisten dan berujung pada penyakit diabetes.

  • Garam. Konsumsi garam (sodium) yang berlebih, dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan berpotensi pada kerusakan multiorgan, diantaranya: ginjal, mata dan otak. Batasi konsumsi sodium hingga 2400mg per hari, kira-kira setara dengan 1 sendok teh garam dapur. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi, maka dianjurkan untuk dikurangi hingga 1500mg/hari.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah: minumlah air putih setidaknya 2 liter/hari, karena dehidrasi akan menyebabkan Anda kekurangan energi dan kulit menjadi kering.

0 Komentar

Belum ada komentar