Sukses

Diet untuk Penghilang Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam kehidupannya. Namun, bagaimana seseorang menanganinya tentu berbeda-beda. Terdapat berbagai strategi untuk mengurangi stress, salah satu diantaranya adalah dalam hal pemilihan makanan yang kita konsumsi...

KlikDokter.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stress dalam kehidupannya. Namun, bagaimana seseorang menanganinya tentu berbeda-beda. Terdapat berbagai strategi untuk mengurangi stress, salah satu diantaranya adalah dalam hal pemilihan makanan yang kita konsumsi.

Makanan dapat mengurangi stress dengan beberapa cara. Comfort foods seperti semangkuk oatmeal hangat dapat meningkatkan produksi serotonin, yaitu suatu senyawa kimia otak untuk menenangkan.

Tahukah Anda makanan apa saja yang dapat membantu mengurangi stres? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Makanan yang Membantu Meredakan Stres

  • Karbohidrat Kompleks
Seluruh jenis karbohidrat dapat membantu otak dalam produksi serotonin. Untuk asupan yang stabil, dianjurkan agar Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti: sereal gandum, roti, pasta, dan oatmeal. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dan membantu menstabilkan gula darah.
 
  • Jeruk
    Jeruk kaya akan vitamin C. Pada suatu studi ditemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar hormon stress dan meningkatkan sistem imun.
     
  • Bayam
    Magnesium yang dikandung dalam bayam dapat membantu mengurangi stress dan gejala-gejala yang menyertainya seperti: nyeri kepala dan mudah lelah. Anda tidak menyukai bayam? Anda dapat mencoba kacang kedelai, ikan salmon, ataupun sayuran hijau lainnya yang juga kaya akan magnesium.
     
  • Ikan
    Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan seperti ikan salmon dan tuna dapat mencegah peningkatan kadar hormon stress dan di saat yang bersamaan dapat membantu mencegah penyakit jantung, gangguan mood seperti depresi, dan PMS (Pre Menstrual Syndrome).
  • Teh 
    Pada suatu studi dibandingkan antara orang yang mengonsumsi 4 cangkir teh setiap hari selama 6 minggu dan orang yang tidak mengonsumsi teh. Orang yang mengonsumsi teh dilaporkan memiliki kadar hormon stress yang lebih rendah.
     
  • Kacang Pistachio
    Pistachio dan juga kacang-kacangan lainnya seperti walnut dan almond merupakan sumber lemak yang baik dan dapat membantu mengurangi stress.
  • Alpukat
    Salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan konsumsi makanan tinggi potassium seperti: alpukat, pisang, dan guacamole.
     
  • Susu
    Susu yang kaya akan kalsium dipercaya dapat mengurangi perasaan cemas dan gangguan mood. Untuk itu, para ahli gizi menganjurkan untuk minum segelas susu hangat rendah lemak sebelum tidur.

0 Komentar

Belum ada komentar