Sukses

Kondom Tingkatkan Kesehatan Vagina?

?Apakah kondom dapat meningkatkan kesehatan vagina?? Simak selengkapnya dari dr. Nadia Octavia disini.
KLIKDOKTER.COM - “Apakah kondom dapat meningkatkan kesehatan vagina?” Pertanyaan ini menjadi dasar sebuah penelitian yang dilakukan di Cina mengenai hubungan penggunaan kondom dan adanya bakteri “baik” di vagina. Pada vagina yang sehat terdapat jumlah bakteri “baik” dan “jahat” dalam jumlah seimbang. Ketidakseimbangan jumlah bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi umum yang disebut vaginosis bakterialis (VB). Gejala umum VB adalah adanya keputihan yang berbau amis.

Penelitian yang dilakukan oleh Liyan Ma dan kawan-kawan ini melibatkan 164 perempuan sehat yang berusia antara 18–45 tahun pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Mereka menemukan bahwa perempuan yang menggunakan kondom memiliki kadar bakteri lactobacilli yang lebih tinggi dibandingkan perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (intrauterine device – IUD) atau spiral. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan kondom dapat mencegah VB.

1 dari 2 halaman

Manfaat Kondom untuk Vagina

Adanya bakteri lactobacilli ini dipikirkan dapat mencegah infeksi dalam vagina karena memproduksi asam laktat dan hydrogen peroksida (H2O2) yang dapat melindungi vagina dari kuman yang “jahat” atau patogen. Lactobacilli membuat vagina sedikit asam, suatu kondisi yang umumnya mencegah pertumbuhan bakteri lain. Kadar lactobacilli yang rendah dalam vagina juga dapat memberi jalan untuk pertumbuhan bakteri lain dan mengakibatkan VB. VB dapat menyebabkan radang pada panggul, peningkatan risiko infeksi menular seksual, dan persalinan prematur pada perempuan hamil.

Namun, studi potong lintang ini tidak membuktikan bahwa penggunaan kondom meningkatkan jumlah bakteri “baik” dalam vagina. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri dalam vagina, termasuk riwayat seks seorang perempuan dan apakah ia merokok atau menggunakan deodoran vagina, maupun perubahan hormonal seperti pada kehamilan. Bagaimana pun juga, penggunaan kondom direkomendasikan karena dapat mengurangi infeksi menular seksual, termasuk HIV.

Referensi

0 Komentar

Belum ada komentar