HomeIbu Dan anakKehamilan3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok
Kehamilan

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

dr. Adithia Kwee, 21 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan bersama dr. Adithia Kwee

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya.

Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok?

Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan:

1. Tanggung Jawab 2 Nyawa

Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya.

Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya.

Bahkan, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di British Journal of Psychiatry menyebutkan bahwa kebiasaan merokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko timbulnya keluhan psikotik kelak pada anak yang sedang dikandung. Dan risiko ini dapat semakin meningkat seiring frekuensi dan banyaknya rokok yang dihisap.

2. Berisiko Lahir Prematur

Merokok selama kehamilan dapat mengganggu ari-ari ibu, karena adanya polutan yang ditimbulkan rokok tadi, kejadian yang sering timbul adalah ari-ari bergerak mencari tempat yang lebih baik dalam menyalurkan nutrisi, akibatnya sering ari-ari akhirnya menutupi jalan lahir, inilah yang dikenal dengan plasenta previa.

Kelainan lainnya adalah lepasnya ari-ari sehingga seringkali persalinan prematur terjadi akibat ari-ari yang terlepas dini dari rahim ibu. 

3. Janin Tidak Sempurna Tumbuh, Bayi Lahir Berat Badan Kecil

Kelainan pada janin dapat terjadi akibat tidak cukupnya nutrisi yang didapatkan bayi, kelainan itu dapat berupa terhambatnya pertumbuhan janin. Perlu kita ingat di dalam kandungan janin senantiasa bertumbuh sampai akhirnya siap dilahirkan. Akibat merokok tadi, pertumbuhan ini seringkali berjalan lambat dan akhirnya kondisi bayi tidak baik saat kelahirannya.

Nah itu adalah sebagian kecil dampak rokok pada ibu hamil, masih berani menyalakan korek untuk rokok, Ibu? Salam hidup sehat!

Rokok Hamil

Konsultasi Dokter Terkait