Sukses

4 Alasan Kenapa Pelukan Menyehatkan

Inilah 4 alasan dan sebab dari medis, kenapa berpelukan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Simak paparan selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia disini.

Klikdokter.com - Apakah Anda sedang mengalami stres tertentu? Ketegangan di lingkungan sekitar meningkat? Adakah orang-orang yang Anda kasihi sedang mengalami tekanan tertentu dalam hidup?

Sebuah Pelukan Mungkin Dapat Membantu. 

Pelukan dari dan untuk orang-orang yang kita kasihi seperti dari anggota keluarga dan suami atau istri dapat membantu mengurangi stress, meredakan ketegangan dan menciptakan rasa tenang dan rileks.

Bagaimana secara teori medis sebuah pelukan dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh?

Simak selengkapnya dengan klik 'next' untuk selanjutnya.

1 dari 5 halaman

Alasan #1 Pelukan itu Sehat: Karena Pelukan Dapat Meningkatkan ?Hormon Cinta?

 

Secara ilmiah dampak menyehatkan ini telah diamati, disebabkan oleh hormon oksitosin, si ‘hormon cinta’. 

Hormon oksitosin memberikan efek menenangkan pada tubuh sehingga dapat membantu mengatasi stres. Pada saat berpelukan, tubuh secara langsung akan memproduksi hormon tersebut.

Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita.

Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Alasan #2 Pelukan itu Sehat: Karena Pelukan Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Membantu Mengatasi Nyeri

 

Selain memberikan rasa tenang, hormon oksitosin juga membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan juga bekerja pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk rasa nyeri sehingga rasa nyeri tidak terasa terlalu sakit.

Hormon Oksitosin Membuat Pasangan Lebih Setia

Masih menyoal oksitosin, para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa hormon ini sangat penting bagi tikus monogami untuk tetap setia pada pasangan mereka, dan bahwa hal itu membuat manusia lebih percaya terhadap satu sama lain.

Dan sekarang, mereka menemukan bahwa itu juga penting untuk bagaimana kita membentuk dan memelihara hubungan romantis.

Jadi, pelukan yang meningkatkan produksi hormon oksitosin di dalam tubuh memberikan manfaat kesehatan badan sekaligus kesehatan hubungan Anda.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Alasan #3 Pelukan itu Sehat: Karena Pelukan Memberikan Dukungan Kejiwaan

 

Secara psikis, sebuah pelukan membantu seseorang untuk lebih positif. Sebuah pelukan membantu seseorang melihat bahwa ada orang lain yang hadir untuk dirinya dan bahwa ia tidak sendirian.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa hidup di kota meningkatkan risiko terkena gangguan mental, termasuk depresi dan skizofrenia atau gangguan jiwa, dibanding dengan orang yang  tinggal di daerah. Penelitian dilakukan sekitar setengah dari orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Montreal Imaging Stress Task menunjukkan 12 persen penduduk kota lebih berisiko terkena gangguan mental dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di pedesaan.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Alasan #4 Pelukan itu Sehat: Karena Pelukan Menghilangkan Stres

Pelukan dan sentuhan penuh kasih telah diamati membantu menurunkan reaktivitas otak dalam menghadapi ketegangan.

 

Karena begitu banyak manfaat pelukan bagi kesehatan fisik dan psikis kita, maka sebuah pelukan setiap hari bagi kita dan orang-orang yang kita kasihi tentu besar dampaknya. Sudahkah Anda memeluk orang-orang yang Anda kasihi hari ini?

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar