Sukses

Tanda-Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Kondisi urine bisa menjadi indikator kesehatan Anda. Yuk, kenali karakteristik air kencing tidak normal berikut ini.

Tahukah Anda bahwa air kencing (urine) bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari setitik darah yang hadir di urine, aroma, bahkan sekadar warna urine dapat menggambarkan kondisi kesehatan tubuh Anda.  

Setiap hari, ginjal menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine.

Karena itu, kondisi urine Anda dapat menjadi indikator kesehatan tubuh Anda. Lalu, apa saja karakteristik urine tidak normal? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Urine Tidak Jernih

Karakteristik urine tidak normal umumnya terlihat dari warnanya. Urine atau air seni yang normal biasanya berwarna mulai dari kuning pucat hingga kuning tua.

Sementara itu, urine menjadi tidak normal jika berwarna lain, misalnya merah, jingga, biru, hijau, atau cokelat.

Artikel Lainnya: Penyebab Urine Berwarna Kuning Setelah Minum Vitamin

Ada banyak penyebab warna urine tidak normal. Misalnya, akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, makan makanan tertentu, memiliki kondisi medis tertentu, atau dehidrasi.

Berikut penjelasan mengenai perubahan warna urine yang tidak normal:

  • Urine berwarna kuning tua: Urine yang terlihat lebih berwarna tua dibandingkan biasanya bisa menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi.
  • Urine berwarna jingga: Selain karena obat-obatan, urine berwarna jingga dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan, seperti masalah pada saluran empedu atau hati, terlebih apabila tinja Anda berwarna cerah.
  • Urine berwarna merah muda atau merah: Kondisi ini diakibatkan oleh makanan, obat-obatan, keracunan timbal raksa, hingga gangguan kesehatan, seperti infeksi.
  • Urine berwarna biru atau hijau: Dapat disebabkan oleh pemeriksaan ginjal atau kandung kemih. Pada kondisi yang jarang, dapat disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih, atau penyakit langka yang diturunkan.
  • Urine berwarna cokelat: Kondisi ini bisa terjadi karena makanan, obat-obatan, beberapa infeksi saluran kemih, kelainan hati, dan kelainan ginjal, serta cedera otot yang parah.
2 dari 5 halaman

2. Urine Berbau

Urine umumnya tidak memiliki aroma yang tajam. Nah, apabila urine Anda memiliki bau menyengat, maka hal ini menjadi karakteristik urine yang tidak normal.

Artikel Lainnya: Kencing Berbusa, Pertanda Apa?

Aroma bau yang tidak sedap bisa menandakan Anda terkena infeksi bakteri. Infeksi tersebut bisa berlangsung di sepanjang saluran kandung kemih sehingga menjadi penyebab bau pada air seni.

Para penderita diabetes juga bisa memiliki urine tidak normal yang berbau tidak biasa. Aroma urine pada diabetesi biasanya berbau manis atau wangi seperti gula.

Selain itu, urine yang berbau seperti amonia bisa menandakan Anda dehidrasi. Bila Anda mengalami kondisi ini, umumnya kondisi urine bisa berbau menyengat dan berwarna lebih pekat.

Sama halnya pada perubahan warna urine, makanan tertentu, misalnya asparagus, juga dapat menyebabkan bau spesifik. Selain makanan, obat-obatan tertentu atau vitamin dapat juga memberikan bau pada urine. 

3. Adanya Darah Pada Urine

Urine yang tidak normal bisa dilihat dari adanya darah pada urine. Kondisi dapat berbahaya dan merupakan tanda kondisi kesehatan yang serius. Penyebabnya, yaitu adanya cedera, penyumbatan, infeksi, penyakit ginjal, pembesaran prostat, atau kanker.

Bagi Anda yang mengalami tanda urine tidak normal ini, segera periksakan kondisi Anda untuk penanganan yang sesuai.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Menemukan Darah di Urine

3 dari 5 halaman

4. Urine Berbusa

Urine yang tidak normal dapat terlihat dari adanya busa atau buih pada urine. Protein dalam urine dapat menjadi suatu penanda utama adanya kerusakan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein ini dapat menghasilkan busa berlebih pada air seni.

Beberapa hal yang menjadi faktor risiko kerusakan ginjal, antara lain:

  • Berusia lebih dari 60 tahun.
  • Menderita diabetes.
  • Hipertensi.
  • Riwayat keluarga yang menderita gagal ginjal.

Urine yang berbusa tidak selalu menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Ada beberapa hal yang bisa mencetuskan kondisi ini, seperti BAK dengan kecepatan tinggi dan dehidrasi.

5. Frekuensi Buang Air Kecil yang Tidak Wajar

Selain melihat kondisi urine yang tidak normal, frekuensi Anda BAK juga dapat menandakan masalah kesehatan tertentu. Jika Anda BAK cukup sering dalam jumlah yang banyak, bisa jadi Anda menderita diabetes.

Artikel Lainnya: Sering Buang Air Kecil, Apakah Selalu Gejala Diabetes?

Jika darah Anda mengandung banyak ‘gula’ dan tubuh tidak dapat memprosesnya secara efektif, maka ginjal Anda akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya. Kondisi ini juga akan menyebabkan urine tidak normal, misalnya adanya bau manis.

Jika demikian, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan secara rutin kandungan gula darah Anda. Selain itu, terapkan pola hidup aktif dan sehat guna menekan potensi ancaman diabetes yang ada.

4 dari 5 halaman

6. Tidak Bisa Menahan BAK

Adanya gangguan kesehatan juga bisa ditunjukkan lewat perilaku BAK Anda. Selain frekuensi yang berlebihan, kesulitan menahan BAK juga dapat menjadi salah satu tanda yang tidak bisa diabaikan.

Pasalnya, hal ini merupakan tanda adanya infeksi. Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri terdapat di saluran kemih dan bereplikasi. Bakteri biasanya masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra.

Tak hanya kesulitan menahan BAK, penderita bisa mengalami rasa panas sewaktu BAK atau juga mengalami kondisi urine tidak normal, seperti perubahan warna dan bau.

Demikian karakteristik urine tidak normal yang sebaiknya Anda waspadai. Apabila adanya perubahan kondisi pada urine tidak berhubungan dengan apa yang Anda konsumsi, segeralah periksakan kepada dokter.

Beberapa penyebab dari perubahan kondisi urine yang tidak normal mungkin tidak berbahaya. Namun, penyebab lainnya membutuhkan pengobatan. Jadi, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai karakteristik urine tidak normal, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada dokter di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasi KlikDokter gratis di App Store dan Google Play. 

[WA]

1 Komentar

  • dara tressia

    dok saya wanita berumur 28 tahun, sudah 3 tahun terakhir ini saya selalu mengalami BAK yg berlebihan, saya minum sedikitpun , contohnya segelas air putih, bisa BAK sampai 5x dengan intensitas 10 menit sekali. tapi tidak ada rasa sakit ataupun panas dingin dll. apakah normal dok?