Sukses

Kaki Bengkak, Hati-Hati Empat Penyakit Ini

Ketahuilah, ada beberapa gejala penyakit yang memberikan tanda kondisi bengkak pada kaki. Berikut disini arti indikasi dari kaki bengkak tersebut bersama dr. Alvin Nursalim.

KlikDokter.com - Apakah Anda pernah mengeluh kaki terasa bengkak? Kedua kaki menjadi membesar dan kulit terlihat tegang. Kaki bengkak akibat terisi cairan dikenal dengan istilah ‘Edema’. Edema dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang menyebabkan keadaan ini?

1. Gagal jantung

Gagal jantung adalah penyakit yang umum ditemui. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi. Penyandang gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Penderita gagal jantung juga akan mengeluhkan cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan, akan terasa berat bagi penderita gagal jantung.

2. Sirosis hati

Sirosis hati adalah istilah yang menggambarkan adanya pengerasan hati. Pada keadaan sirosis hati, komposisi hati berubah dan menjadi lebih banyak jaringan ikat. Keadaan ini menyebabkan hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites. Pasien akan mengeluh perut terasa membesar dan tegang. Pada keadaan lebih lanjut, rembesan cairan akan menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti kaki.

1 dari 2 halaman

Inilah Kemungkinan Penyakit dari Gejala Kaki yang Bengkak

kaki, bengkak, edema3. Kelainan Ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika ginjal mengalami gangguan, maka cairan tubuh juga akan mengalami gangguan. Salah satu penyebab keluhan bengkak adalah sindrom nefrotik. Pada keadaan ini, pasien akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urinnya. Protein tubuh akan berkurang dan menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah. Pembengkakan pada sindrom nefrotik biasanya cukup berat dan melibatkan satu tubuh.

4. Infeksi Filariasis

Ternyata cacing juga dapat menyebabkan keluhan bengkak. Keluhan ini terjadi jika cacing menyumbat pembuluh limfe. Cacing ini menyebabkan sumbatan dan menyebabkan gangguan aliran limfe. Aliran limfe yang terganggu akan menyebabkan aliran darah tertumpuk dan kaki menjadi bengkak.

Selain berbagai penyakit diatas, masih ada berbagai kemungkinan penyebab edema yang lain. Karena itu, pembengkakan kaki perlu diperiksa dengan teliti untuk menentukan penyebab edema yang tepat.

1 Komentar

  • Aspin Syah

    Kalo bengkak sebelah kiri Tapi ngak sakit Kalo capek begel nya mintak ampun Itu penyakit apa si..?