Sukses

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Berikut ini saran dr. Adithia Kwee untuk menangani hipertensi.

KlikDokter.com - Tahukah Anda, mereka yang lebih banyak mengidap pikun atau demensia di usia lanjut adalah kaum wanita, mengapa demikian? Apakah otak kaum pria sedemikian hebatnya sehingga mereka tidak menjadi pikun?

Ternyata bukan itu jawabannya, kaum pria kebanyakan meninggal lebih dulu sebelum mereka menjadi pikun, sebab kematian tertinggi pada pria antara lain karena penyakit jantung koroner, stroke, dan sebagainya.

Kalau Anda ingin berumur panjang dan menggendong cucu, maka sudah harus mulai perhatikan bagaimana Anda menghidupi hari-hari dimana Anda sudah tidak muda lagi, jangan acuh tak acuh dan makan makanan apapun yang Anda mau, ingatlah bahwa lezatnya makanan hanya sejauh lidah, setelah itu Anda tidak merasakan dampak buruknya saat dicerna lebih jauh.

Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Tekanan darah normal manusia berkisar di 120/80 mmHg, ketika angka ini menginjak 140/90 mmHg atau lebih, Anda dikatakan menderita hipertensi. Bagaimana mengatasinya?

Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

1. Minum obat secara teratur

hipertensiObat penurun tekanan darah bekerja dengan optimal ketika Anda mengkonsumsinya dengan disiplin terus menerus. Lain halnya dengan obat batuk yang tidak Anda minum lagi ketika gejala sudah membaik, obat hipertensi harus rutin diminum di sepanjang sisa hidup Anda.

Tentunya tindakan meminum obat hipertensi memerlukan diagnosa dari dokter sebelumnya serta pemeriksaan kondisi medis secara berkala. Dengan demikian, diharapkan tatalaksana penanganan hipertensi dapat tepat sasaran dan hasil yang optimal bisa didapat.

Berikut ini kiat lainnya dalam mengelola hipertensi:

2 dari 3 halaman

2. Perbaiki Gaya Hidup

Gaya hidup selalu bicara tentang 2 hal, makanan yang Anda makan, dan seberapa sering Anda berolahraga. Kurangi konsumsi makanan yang kaya akan garam, karena hal ini akan meningkatkan tekanan darah Anda, dan mulailah berolahraga setidaknya 3 x 30 menit dalam satu minggu.

Jika Anda mentaati rambu-rambu di atas, niscaya Anda hidup sehat hingga usia lanjut, ingatlah hipertensi jika tidak terkontrol akan menimbulkan dampak kerusakan pada organ tubuh kita yang lain, misalnya serangan stroke, kebutaan, gagal ginjal, membengkaknya jantung, dan masih banyak komplikasi lain. 

0 Komentar

Belum ada komentar