Sukses

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Apakah benar wasir bisa sembuh dengan sendirinya? Apakah cukup didiamkan saja dan cukup tenang-tenang saja menikmati ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat wasir? Simak penjelasan dr. Jessica Florencia selengkapnya bagaimana sebaiknya menangani wasir disini.

wasir, hemorroid

Klikdokter.com - Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di daerah sekitar anus yang secara bertahap dapat menonjol keluar. Pembengkakan pembuluh darah  ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya mengejan terlalu keras ketika sedang BAB, diare yang tak kunjung sembuh, sembelit, hingga berat badan yang tak terkendali dan kehamilan.

Bagi beberapa orang, wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, risih, dan nyeri. Biasanya rasa tidak nyaman dan nyeri ini muncul ketika penderita wasir sedang duduk atau buang air besar. Wasir  yang parah amat sulit sekali untuk disembuhkan dan harus ditangani dengan tindakan operasi. Tindakan ini tentunya memerlukan biaya tak sedikit. Jadi janganlah sesekali meremehkan wasir.

Jenis Wasir

Secara umum, wasir dibagi dua, yaitu wasir internal (hemoroid internal) dan wasir eksternal (hemoroid eksternal). Wasir internal dapat dicegah jika Anda bisa mengubah kebiasaan mengejan ketika BAB. Tapi bila dibiarkan, wasir internal bisa menonjol keluar dari anus.

 

Wasir eksternal terletak di pinggir dubur. Salah satu penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras sehingga darah yang ada di dalam pembuluh akan menggumpal dan membentuk benjol kebiruan yang keras. Hal ini disebut sebagai Trombosis. Wasir eksternal dengan trombosis bisa sangat menyakitkan.

Namun demikian, apa saja persisnya gejala wasir? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Gejala Wasir

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami wasir atau tidak, perhatikan gejala-gejala berikut:

  1. Pendarahan pada anus. Pendarahan bisa berupa tetesan, bisa berupa aliran yang tiba-tiba atau bercak pada tisu toilet. Bagi penderitanya, gejala ini seringkali tidak disertai  nyeri.

  2. Ada rasa mengganjal ketika buang air besar. Karena rasa mengganjal ini, mengejan ketika BAB menjadi tidak nyaman sehingga membuat penderitanya mengejan lebih kuat lagi yang malah menjadikan wasir semakin parah.

  3. Timbuh rasa gatal di anus. Kondisi ini disebabkan karena beberapa hal. Pada wasir internal, dapat terjadi iritasi atau pembentukan lendir yang menyebabkan rasa gatal di anus. Pada wasir eksternal, sisa kotoran yang luput dibersihkan karena sulit akhirnya menyebabkan rasa gatal.

Derajat keparahan

Wasir dibagi dalam 4 tingkat keparahan:

  1. Pembengkakan masih di dalam anus sehingga tidak terlihat; gejala yang paling menonjol adalah  perdarahan waktu buang air besar (darah segar dapat menetes ataupun  mengalir tiba-tiba), tidak sakit. 

  2. Wasir keluar dari anus tetapi masuk kembali secara spontan waktu selesai buang air besar.

  3. Wasir keluar dari anus, tidak dapat masuk spontan dan harus dibantu dengan jari untuk masuk atau lama baru masuk.

  4. Meskipun wasir dapat masuk ke dalam anus, tetapi mudah keluar kembali jika melakukan kegiatan fisik.

 

Meskipun wasir bukan penyakit yang mengancam nyawa tapi harus diwaspadai karena wasir termasuk penyakit kambuhan. Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh penderita wasir.

1 Komentar

  • Jojo Awk

    dok saya gak ada smua gejala di atas tetapi ketika duduk kok rasa gak nyaman ? apa itu ya dok