Sukses

Melahirkan Normal Kala Wasir

Lazim sekali bagi ibu hamil mengalami wasir. Penyebabnya kondisi perubahan tubuh di masa kehamilan itu sendiri. Meski wasir tidak membahayakan jiwa penderitanya, namun akan membuat cemas ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Kemudian bagaimana solusinya? Simak tips dan kiatnya bersama dr. Jessica Florencia disini.

wasir

Klikdokter.com - Lazim sekali bagi ibu hamil mengalami wasir. Kebanyakan, wasir akan muncul di kala hamil trimester ketiga. Penyebabnya diduga adalah karena banyak faktor pada saat kehamilan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.

Perubahan hormon, jumlah dan sirkulasi darah meningkat pesat, dan tekanan langsung pada pembuluh darah karena rahim yang membesar menjadi faktor-faktor yang saling berkaitan satu sama lain menyebabkan timbulnya wasir.

Ketika ukuran rahim bertambah besar, tekanan pada daerah perut meningkat sehingga mengganggu aliran pembuluh balik dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah sehingga memicu timbulnya wasir.

Wasir tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun akan membuat cemas ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Proses melahirkan normal dalam kondisi wasir memang berisiko menimbulkan perdarahan tapi masih dapat dilakukan.

Dokter akan mengevaluasi kondisi Ibu dan melihat kondisi wasir dan mengevaluasi apakah persalinan normal masih dapat dilakukan atau tidak.

 

Meski begitu, ada baiknya melakukan pencegahan supaya proses persalinan normal berjalan lancar tanpa wasir:

1 dari 2 halaman

Wasir Ketika Hendak Melahirkan Normal

Meski begitu, ada baiknya melakukan pencegahan supaya proses persalinan normal berjalan lancar tanpa wasir:

1.       Perbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi. Hal ini untuk mencegah sembelit agar benjolan wasir tidak semakin membesar. Roti gandum, sereal, buah, kacang-kacangan, dan sayuran adalah makanan berserat tinggi.

2.       Selain mengonsumsi makanan berserat tinggi, minumlah air yang banyak. Minimal 8 gelas sehari.

3.       Jangan duduk atau berdiri terlalu lama karena akan menambah tekanan pada pembuluh balik.

4.       Berolahraga sesuai anjuran dokter.

5.       Untuk mengurangi rasa nyeri, rendam bokong di air hangat.

6.       Jangan menahan BAB.

7.       Anda juga dapat mengurangi tekanan pada perut dengan berbaring miring ke kiri selama beberapa saat.

Mengonsumsi obat wasir juga dapat mencegah tapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan obat mana yang cocok untuk kehamilan. Pilih obat wasir yang terbuat dari bahan yang aman dikonsumsi untuk Ibu hamil.

 

Anda dapat mencermati bahan alami yang ada dengan bahan herbal yang memiliki reputasi sebagai anti-inflamasi, yakni temulawak, daun wungu, dan daun ekor kuda.  

0 Komentar

Belum ada komentar