Sukses

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Ebola, penyakit yang menjadi wabah mematikan di dunia saat ini dapat dicegah penularannya dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan hanya melalui sentuhan. Simak selengkapnya disini.

Klikdokter.com - Ebola, penyakit yang menjadi wabah mematikan di dunia saat ini dapat dicegah penularannya dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan hanya melalui sentuhan.

Seperti yang dilansir oleh World Health Organization bulan lalu, virus bersumber dari hewan-hewan terinfeksi: simpanse, gorila, kelelawar buah, monyet, dan lain sebagainya. Virus kemudian berpindah antar manusia melalui kontak langsung antara kulit yang terluka atau membran mukosa dengan cairan tubuh seperti darah, hasil sekresi, organ-organ, atau cairan tubuh lainnya, dan melalui kontak dengan benda yang terkena cairan tersebut, misalnya, selimut atau tempat tidur.

Untuk menghindari penyebaran antar manusia, cuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan apa pun, sebagai langkah mudah untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar Anda. Dr. Layla McCay, Direktur Sekretariat dari Global Public Private Partnership for Handwashing, mengatakan, “Perlindungan dilakukan dengan cara mencuci kuman penyebab infeksi di tangan Anda sebelum mikroorganisme tersebut menginfeksi, dan menyentuh benda tanpa sadar yang dapat membantu menyebarkan kuman penyakit ini kepada orang lain.”

Jadi bagaimana cara mencuci tangan yang tepat? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Tepat?

Cara mencuci tangan yang tepat menurut dr. Mccay adalah dengan membasahi tangan dengan air, kemudian cuci dengan sabun selama 20 detik, bilas dengan air mengalir atau larutan klorin 0,05% sampai bersih, lalu keringkan. UNICEF bahkan menyarankan untuk membasuh tangan menggunakan larutan klorin 0,05% setelah mencuci tangan dengan sabun.

Perlu diingat bahwa virus memiliki ukuran partikel sangat kecil sehingga tak terlihat dengan mata telanjang. Fakta ini semakin mendukung bahwa kegiatan mencuci tangan setelah berkegiatan dapat memperkecil kemungkinan tersebarnya virus berbahaya. Tingkatkan frekuensi mencuci tangan dengan sabun, tidak hanya ketika terlihat atau terasa kotor. Sebab kegiatan sederhana seperti mengetik, memegang handphone¸atau menggenggam uang logam, berpotensi untuk memindahkan kuman penyakit antar manusia. Langkah sederhana tersebut jika dibiasakan dapat menjadi perlindungan pertama Anda terhadap penyakit berbahaya seperti Ebola.

Kendati Ebola belum mewabah hingga Indonesia, Anda harus tetap waspada. Ingat, WHO telah menetapkan wabah Ebola sebagai keadaan darurat internasional.

Langkah pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Selamat Hari Cuci Tangan Dengan Sabun!

0 Komentar

Belum ada komentar