Sukses

Membaca dengan Sinar Remang: Tidak Merusak Mata?

Dahulu, orang akan menjawab bahwa membaca dengan sinar remang akan dapat merusak mata. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini merupakan MITOS. Simak penjelasan dr. Jessica Florencia disini.

Klikdokter.com - Dahulu, orang akan menjawab bahwa membaca dengan sinar remang akan dapat merusak mata. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini merupakan MITOS.

Pencahayaan yang remang memang dapat memberikan efek jangka pendek berupa mata lelah. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya risiko jangka panjang dari aktivitas ini.

Membaca dengan cahaya yang kurang terang atau melakukan pekerjaan dengan pencahayaan yang kurang juga dapat memberikan dampak jangka pendek berupa mata kering karena mata secara otomatis menjadi lebih jarang berkedip. Hal ini memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Namun, hingga saat ini belum terdapat bukti ilmiah bahwa hal ini mengakibatkan kerusakan struktur ataupun fungsi mata. Untuk mengatasi hal ini, seseorang dapat menggunakan tetes mata untuk menjaga agar mata tetap lembap.

Satu mitos telah terpatahkan, mitos lainnya seperti apakah menonton televisi terlalu dekat dapat menyebabkan kerusakan mata? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Apakah Menonton Televisi Dapat Menyebabkan Kerusakan Mata?

Hal yang sama juga berlaku dengan aktivitas menonton televisi terlalu dekat. Mata dapat menjadi lebih lelah namun tidak menyebabkan adanya kerusakan struktur maupun fungsi mata.

 

Untuk menghindari mata menjadi lelah dan tegang, pastikan pencahayaan untuk membaca maupun beraktivitas dalam suasana optimal sehingga mata tidak terpapar cahaya yang terlalu redup atau terlalu silau sehingga menjadi terlalu tegang dalam berfokus. 

0 Komentar

Belum ada komentar