HomeInfo SehatKesehatan UmumJomblo, Bikin Cepat Tua
Kesehatan Umum

Jomblo, Bikin Cepat Tua

KlikDokter, 07 Okt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sudah siap menikah? Bersegeralah. Karena ada penelitian dari Taiwan yang menemukan perkawinan dapat memberikan efek awet muda. Sementara pada orang yang masih single, ditemukan lebih berisiko cepat menua.

Jomblo, Bikin Cepat Tua

Klikdokter.com – Anda sudah siap menikah? Bersegeralah. Karena ada penelitian dari Taiwan yang menemukan perkawinan dapat memberikan efek awet muda. Sementara pada orang yang masih single, ditemukan lebih berisiko cepat menua.

Kok bisa? Gimana hubungannya medisnya?

Dalam tubuh manusia terdapat elemen telomer yang berfungsi untuk melindungi kromosom dan DNA kita. Nah, semakin besar telomer seseorang, maka semakin tinggi kemampuan meminimalisir kerusakan di dalam tubuh. Dari temuan penelitian yang diadakan di Taiwan, ditemukan bahwa orang yang hidup berpasangan memiliki telomer lebih besar dibandingkan dengan orang yang hidup tidak berpasangan.

Penelitian yang dipublikasikan dalan jurnal Age and Ageing ini, melibatkan 300 orang dewasa yang berusia antara 65 – 74 tahun. Peneliti mengatakan, penelitian mereka menemukan bahwa orang dewasa yang tidak menikah, bercerai, ataupun masih single memiliki telomer yang pendek jika dibandingkan pada seseorang yang berpasangan, dimana mereka memiliki telomer yang panjang.

Bahkan lebih jauh, telomer yang pendek dan kecil telah dikaitkan dengan penyakit kanker, berikut penjelasannya:

Jomblo dan Kanker

Bahkan lebih jauh, telomer yang pendek dan kecil telah dikaitkan dengan penyakit kanker, khususnya pada orang kulit putih dan Asia. Peneliti juga menemukan bahwa orang dewasa yang belum menikah dapat mengalami penuaan sel yang lebih cepat.

Selain kanker, penelitian di Amerika juga telah menunjukkan bahwa, di antara orang yang berusia 60 keatas, mereka mempunyai kemungkinan tiga kali lebih tinggi untuk meninggal dikarenakan penyakit jantung dan delapan kali lebih tinggi dikarenakan penyakit menular.

Psikolog kesehatan dr. Cynthia McVey dari Glasgow Caledonian University, seperti dilansir dari dailymail.co.uk mengatakan: "Ini adalah hasil yang menarik. Fakta bahwa adanya hubungan antara panjang telomer dengan perkawinan menunjukkan bahwa memiliki rasa dicintai, dihormati dan dirawat oleh orang lain memberikan manfaat kesehatan dalam jangka waktu yang.”

Jadi, jika Anda sudah siap menikah, jangan tunda lagi. Anda bisa awet muda dengan menikah, lho.

Jomblo Bikin Cepat Tua

Konsultasi Dokter Terkait