Sukses

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Di dalam kedokteran, terdapat langkah operasi untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Yakni operasi bariatrik. Apa itu operasi bariatrik? Apakah semua orang bisa melakukannya? Berikut penjelasan dr. Alvin Nursalim disini.

Klikdokter.com - Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini.

Apa itu operasi bariatrik?

Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal.

Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Mengapa operasi bariatrik dilakukan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan dapat menjalani operasi ini. Operasi bariatrik disarankan untuk individu yang gemuk ekstrem dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) ≥ 35 kg/m2 jika disertai penyakit lain (tekanan darah tinggi, diabetes), atau  IMT ≥ 40 kg/m2  jika tanpa disertai penyakit lain. Perlu diingat bahwa semua pasien tetap disarankan untuk menjalani perubahan pola hidup untuk menurunkan berat badan. Perubahan pola hidup yang meliputi pola makan dan olah raga merupakan terapi lini pertama untuk kegemukan. Namun jika perubahan pola hidup dan penggunaan obat-obatan tidak berhasil, maka operasi bariatrik dapat dipertimbangkan.

Selain penurunan berat badan, ternyata operasi bariatrik juga memberikan keuntungan berupa perbaikan kontrol metabolik pada pasien diabetes. Pasien diabetes yang menjalani operasi bariatrik memiliki kontrol gula darah yang baik. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sebanyak 78,1%  pasien diabetes yang menjalani operasi bariatrik akan mengalami perbaikan gula darah menjadi normal setelah menjalani prosedur ini.

2 dari 3 halaman

Apakah operasi bariatrik aman dilakukan?

Operasi bariatrik tergolong prosedur yang aman dilakukan. Komplikasi paling umum yang sering ditemui adalah sambungan operasi yang bocor, infeksi, dan perdarahan.

Secara keseluruan operasi ini merupakan operasi yang aman jika dilakukan oleh tim yang tepat.

Tim yang tepat harus melibatkan dokter dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Yakni antara lain:

  • Dokter spesialis bedah,
  • Dokter sepesialis penyakit dalam
  • Dokter spesialis gizi klinik
  • Bahkan psikater untuk menunjang kekuatan psikis pasien selama prosedur sampai proses penyembuhan.

0 Komentar

Belum ada komentar