Sehat dan Bugar

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

dr. Dina Kusumawardhani, 06 Okt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kenapa bisa pusing setelah olahraga? Bukankah seharusnya olahraga mengurangi sakit kepala? Kenapa bisa sakit kepala setelah olahraga? Apakah itu gejala penyakit? Atau sesuatu yang normal? Berikut penjelasannya bersama dr. Dina Kusumwardhani.

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

Klikdokter.com – Pernahkah Anda mengeluh sakit kepala atau pusing setelah olahraga? Bukankah seharusnya olahraga mengurangi sakit kepala?

Kenapa bisa sakit kepala setelah olahraga? Apakah itu gejala penyakit? Atau sesuatu yang normal? Berikut penjelasannya.

Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan nyeri.  Jika hal ini terjadi, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga:

Tips Mencegah Pusing Setelah Olahraga

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga:

1. Pemanasan

Pemanasan penting untuk mencegah sakit kepala pasca olahraga karena membuat tubuh bekerja secara bertahap.

2. Mulai dari intensitas ringan

Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak, selalu mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap naik. Olahraga angkat beban merupakan salah satu jenis olahraga yang sering menimbulkan sakit kepala pasca olahraga. 

3. Cukupi kebutuhan cairan

Pada kondisi dehidrasi kekurangan cairan, respons tubuh terhadap stres lebih buruk. Selain itu, asupan cairan yang cukup akan membantu metabolisme tubuh lebih baik.

4. Buat jadwal olahraga secara teratur

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Exercise Physiology, migraine biasanya muncul pada mereka yang memiliki jadwal olahraga tidak teratur. Misalnya pada mereka yang baru memulai olahraga lagi setelah berhenti olahraga pada periode waktu tertentu.

Selain dehidrasi, sakit kepala juga dapat dipicu oleh cahaya matahari. Jika Anda sebelumnya memiliki migrain, pilihlah olahraga pada pagi atau sore hari saat cahaya matahari redup.

OlahragaSetelahPusing

Konsultasi Dokter Terkait