Sukses

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan yang juga dikenal masyarakat sebagai penyakit jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung anak yang didapat sejak lahir. Simak penjelasan selengkapnya bersama dr. Alvin Nursalim disini.

Klikdokter.com - Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan yang juga dikenal masyarakat sebagai penyakit jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung anak yang didapat sejak lahir.

Kelainan struktur jantung ini dapat berupa kelainan katub jantung, dinding jantung atau pembuluh darah jantung. Namun gejala penyakit jantung bawaan kadang tidak khas sehingga perlu perhatian khusus. Mari kita kenali penyakit jantung bawaan lebih jauh.

Apa itu penyakit jantung bawaan?

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan struktur jantung yang terjadi sejak anak lahir. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yang dipisahkan oleh dinding otot jantung dan katub.

Kelainan jantung bawaan dapat mengenai dinding jantung, katub jantung atau pembuluh darah. Kelainan jantung dapat berupa kebocoran katub jantung  atau terdapat lubang pada dinding jantung.

Apa penyebab terjadinya penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya:

1 dari 4 halaman

Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Bawaan?

anak sesak napasPenyebab penyakit jantung bawaan cukup banyak, diantaranya adalah:

  • Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak mengalami penyakit jantung bawaan

  • Penggunaan obat-obatan yang membahayakan kehamilan dan penggunaan alkohol.

  • Kelainan genetik seperti sindrom Down.

Apa saja gejala dari penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya:

2 dari 4 halaman

Apa Saja Gejala dari Penyakit Jantung Bawaan?

Gejala penyakit jantung bawaan sangat bervariasi. Mari kita bahas satu persatu.

  • Sesak Napas

Salah satu gejala dari penyakit jantung bawaan adalah sesak nafas. Sesak nafas anak bisa saja timbul saat anak bermain atau saat menyusu. Anak bisa saja terlihat kelelahan saat menyusu atau tidak kuat menyusu dalam waktu lama.

  • Mudah Lelah

Anak akan terlihat cepat lelah dan tidak dapat beraktifitas berat. Bahkan pada beberapa kasus, anak akan terlihat kebiruan jika beraktiftas berat.

  • Mudah Terkena Infeksi

Anak dengan penyakit jantung kongenital mudah terkena infeksi, khususnya infeksi saluran pernafasan. Salah satu infeksi yang cukup serius adalah infeksi paru. Anak dapat mengeluh batuk, terlihat sesah dan demam.

  • Berat Badan Anak Sulit Naik

Kesulitan anak untuk menyusu akan menyebabkan asupan gizi yang kurang. Selain itu, anak dengan penyakit jantung bawaan akan mengalami kekurangan oksigen jangka panjang yang akan mengganggu metabolisme tubuh.

Bagaimana penanganan dari penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya:

3 dari 4 halaman

Bagaimana Penanganan dari Penyakit Jantung Bawaan?

Penanganan dari penyakit jantung kongenital ditentukan oleh derajat keparahan penyakitnya. Pada kelainan yang minimal tidak ada terapi khusus dan hanya dilakukan pemantauan. Namun, pada keadaan yang berat dapat dilakukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan jantung yang ada.  

    1 Komentar