Sukses

Tips Memilih Sepatu yang Tepat dan Sehat

Jangan membeli sepatu berdasarkan tampilan semata. Anda juga perlu memperhatikan efeknya bagi kesehatan kaki. Ini tips memilih sepatu yang tepat.

Bagi sebagian besar orang, memilih sepatu sama halnya dengan memilih baju. Terlihat modis dan cantik adalah poin penting. Namun, tentu saja hal ini jangan sampai mengorbankan kesehatan dan bentuk kaki Anda.

Pemilihan sepatu sebaiknya tidak hanya modis, tetapi juga memperhatikan kesehatan kaki.

Salah memilih sepatu dapat membuat bentuk kaki Anda menjadi buruk dan juga mengganggu kesehatan. Nah, agar tidak salah, berikut tips memilih sepatu yang sehat untuk kaki Anda:

1. Belilah Sepatu pada Sore atau Malam Hari

Tips memilih sepatu yang pertama Anda harus perhatikan adalah belilah sepatu saat sore atau malam hari. Pada saat membeli langsung, hal ini cukup berguna untuk menghindari sepatu yang tidak nyaman dan sempit.

Pasalnya, pada waktu sore atau malam hari, kaki Anda menjadi sedikit membesar dibandingkan pagi hari. Jadi, sepatu bisa Anda coba saat kaki Anda sedang membesar. Sebisa mungkin, hindarilah membeli sepatu pada pagi atau siang hari.

Artikel Lainnya: Selain High Heels, Ini 5 Jenis Sepatu yang Buruk bagi Kesehatan

1 dari 4 halaman

2. Perhatikan dan Cocokan Ukuran Tinggi Hak dengan Kondisi Tubuh

Gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, yakni yang tidak melebihi 2,5 cm. Penggunaan sepatu hak tinggi membuat tubuh berada pada postur yang tidak normal sehingga meningkatkan risiko cedera.

Nah, tips memilih sepatu hak tinggi yang bisa Anda terapkan adalah gunakanlah sepatu dengan hak yang agak lebar (tidak terlalu runcing). Ini akan membantu Anda memiliki keseimbagan berjalan yang lebih baik dan menghindarkan diri Anda dari terjatuh dan terkilir.

3. Cermati Bentuk Dasar Sepatu

Tips berikutnya dalam memilih sepatu adalah dengan mencermati bentuk dasarnya. Perhatikan apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik atau tidak.

Memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki Anda berada dalam posisi yang nyaman sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut, nyeri pinggang, dan nyeri punggung.

4. Ukur Kedua Kaki Anda

Sebelum membeli sepatu, pastikan Anda mengukurnya terlebih dahulu. Cara memilih sepatu yang satu ini penting dilakukan karena saat dewasa pun, ukuran kaki Anda masih bisa berubah. 

Selain itu, ukuran kaki juga bisa berbeda antara kiri dan kanan. Bila kasus ini menimpa Anda, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki terbesar. 

Artikel Lainnya: Bahaya Flat Shoes yang Perlu Wanita Ketahui

2 dari 4 halaman

5. Bawa Kaos Kaki

Jika Anda sering menggunakan kaos kaki, jangan lupakan tips memilih sepatu yang satu ini. Bawalah kaos kaki yang selalu Anda gunakan dan cobalah dengan sepatu yang Anda ingin beli.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sepatu Anda tidak terlalu pas atau bahkan sempit saat menggunakan kaos kaki, terutama saat berjalan atau berlari.

6. Gunakan Aturan Praktis

Harus ada jarak antara bagian depan jempol dengan ujung sepatu Anda, kira-kira sekitar ibu jari. Bahkan, American Academy of Orthopedic Surgeons menulis bahwa ketika memakai sepatu, Anda harus bisa dengan bebas menggoyangkan semua jari kaki Anda saat sepatu itu dipakai.

Tidak hanya bagian depan, perhatikan juga tumit. Sepatu yang sehat untuk kaki memiliki bagian tumit yang pas sehingga tidak akan terlepas saat Anda berjalan.

7. Coba Sepatunya

Tips memilih sepatu yang satu ini pasti sudah dilakukan semua orang. Namun, masih banyak juga yang hanya mencoba pada satu kaki saja.

Padahal sebaiknya, Anda mencoba sepatu yang akan dibeli pada kedua kaki untuk mendapatkan kenyamanan yang pas.

Jangan lupa juga untuk berjalan beberapa langkah menggunakan sepatu pilihan Anda. Cobalah berjalan di atas lantai keramik dan berkarpet. Jika merasa tertekan dan tidak leluasa bergerak, gantilah dengan ukuran lain.

Artikel Lainnya: Penerbangan Jarak Jauh? Pilih Sepatu Jenis Ini!

3 dari 4 halaman

8. Perhatikan Lebar dan Panjangnya

Beberapa orang memiliki bentuk kaki yang lebih lebar atau lebih panjang. Apakah Anda salah satunya? Bila demikian, usahakan untuk menyesuaikan lebar dan panjang kaki Anda dengan sepatu yang akan dibeli.

Tips memilih sepatu ini berguna untuk mencegah lecet dan bengkak yang sering terjadi pada bagian terlebar kaki atau bagian atas tumit ketika sepatu yang digunakan tidak sesuai.

9. Perhatikan Bahan dan Sol Sepatu

Setelah yakin dengan ukuran yang pas, tips memilih sepatu berikutnya adalah jangan lupa perhatikan bahan dan sol sepatunya.

Pilihlah bahan yang lembut dan tidak keras. Lalu, raba bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada label, jahitan, atau bahan lain yang mungkin mengiritasi kaki Anda.

Perhatikan juga kelenturan solnya dengan menekuk sepatu. Sol yang tidak lentur dapat membuat Anda cepat lelah berjalan.

Itulah beberapa tips memilih sepatu yang sebaiknya Anda perhatikan, agar menemukan sepatu yang pas dan mendukung kesehatan kaki. Pastikan untuk memilih sepatu yang nyaman dan memiliki hak yang tidak terlalu tinggi. 

Informasi menarik lain seputar gaya hidup sehat bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

1 Komentar