Sukses

Mengatasi Bau Badan

Apakah Anda memiliki bau badan? Atau Anda mengenal teman atau saudara yang memiliki bau badan? Bau badan adalah masalah yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Tapi jangan sembarangan ambil solusi. Simak penjelasan dan berbagi tipsnya disini bersama dr. Jessica Florencia.

KlikDokter.com - Apakah Anda memiliki bau badan? Atau Anda mengenal teman atau saudara yang memiliki bau badan? Bau badan adalah masalah yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Rasa malu dan frustasi karena bau badan dapat mempengaruhi pergaulan sosial secara signifikan bagi penderita.

Bau badan sebenarnya timbul karena bertambahnya jumlah bakteri di permukaan kulit yang mengubah hasil pembuangan tubuh lewat keringat dan minyak menjadi bau tertentu. Dengan bertambahnya keringat maka jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan juga bertambah.

Bau badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah diet, jenis kelamin, kesehatan, genetik, ras, stres lingkungan dan obat-obatan. Bau badan sendiri dapat berasal dari seluruh tubuh atau dari beberapa bagian spesifik tubuh seperti kaki atau ketiak.

Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

1 dari 2 halaman

Solusi Bau Badan Tidak Sedap:

Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  1. Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik.

  2. Jika makanan mempengaruhi bau badan Anda, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak, dan alkohol.

  3. Jagalah agar ketiak dan kaki Anda tetap kering untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

  4. Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat dan bau badan.

  5. Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun dan sutera yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh.

  6. Gunakan sepatu dan kaos kaki dari bahan alami agar tidak menghambat penguapan keringat tubuh. Pastikan Anda mengganti kaos kaki setiap hari.

  7. Berikan waktu cukup banyak untuk bertelanjang kaki sehingga mengurangi kelembaban daerah kaki.

  8. Gunakan anti-perspiran pada malam hari sebelum tidur untuk menekan produksi kelenjar keringat pada saat tubuh sedang tidak berkeringat. Penggunaan deodoran lebih baik digunakan pada siang hari karena berguna untuk menutup bau badan dengan bahan pengharum.

  9. Terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengatasi keringat yang berlebihan karena stres.

Jika setelah melakukan tips-tips di atas Anda masih mengalami produksi keringat yang berlebihan,  mungkin terdapat kondisi kesehatan yang lebih serius. Anda mungkin memerlukan penanganan yang lebih spesifik dari tips-tips di atas. Kemungkinan diperlukan pemberian obat-obatan, suntikan, iontoforesis atau tindakan bedah. Untuk menentukan pilihan yang tepat lebih lanjut, kunjungilah dokter Anda  dan konsultasikanlah keluhan Anda lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar