Sukses

Serba-serbi Stroke

Stroke sudah harus diwaspadai sejak dini. Terutama dari usia muda. Pasalnya, gaya hidup dan pola makan di usia muda memberikan pengaruh di usia tua untuk hidup bebas stroke, atau justru menjadi pasien stroke. Ikuti paparan selengkapnya disini bersama dr. Adithia Kwee.

Klikdokter.com - Jika Anda tinggal di sekitar ibukota Jakarta atau Tangerang, Anda akan melihat iklan salah satu rumah sakit di wilayah Tangerang ketika melintas di sebuah jalan tol, di iklan itu tertulis “in stroke, time is brain” yang artinya dalam kasus stroke, waktu berarti bagi penyelamatan otak, semakin lambat ditangani, kerusakan jaringan otak yang terjadi akan semakin signifikan dan menimbulkan kematian.

Apa itu Stroke Sesungguhnya?

Anda tentu pernah mendengar penyakit jantung koroner, yang tak lain adalah penyakit jantung dimana pembuluh darah yang memperdarahi jantung tidak dapat melakukan tugasnya karena tersumbat, sehingga penderita akan mengalami gagal jantung, karena si jantung yang tidak memperoleh oksigen akan serta merta mogok kerja menyuplai darah ke tubuh Anda. Nah jika Anda memahami penyakit jantung koroner, tidak sulit bagi Anda untuk mengerti apa yang sesungguhnya terjadi pada penyakit stroke.

Pada stroker, pembuluh darah yang tersumbat adalah yang memperdarahi otak, apa yang kemudian muncul sebagai gejala pada pasien tinggal bergantung pada daerah otak mana yang tidak mendapat suplai darah dengan baik, jika pembuluh darah yang terlibat bertugas menyuplai otak yang fungsinya menggerakkan kaki, maka pasien akan tiba-tiba lumpuh, yang biasanya hanya dirasakan pada salah satu bagian kaki. Bagian lain yang seringkali terkena adalah lengan, dan juga wajah. Hati-hati jika Anda secara mendadak merasakan tangan Anda tidak mau digerakkan selama beberapa saat, kemudian akhirnya dapat digerakkan lagi, Anda bisa jadi sedang mengalami Transient Ischemic Attack (TIA). Pada TIA, pembuluh darah tersumbat secara sementara, yang dalam beberapa saat karena aliran darah berhasil mendorong sumbatan kembali membuka jalan darah, dapat kita katakan Anda memperoleh kesempatan kedua jika Anda terkena TIA. 

1 dari 2 halaman

Apa Penyebab Stroke?

Stroke umumnya disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi, ditambah dengan lemak dalam darah yang tidak terkontrol, dan akan semakin diperberat pada mereka yang memiliki kesulitan melepas rokok dari hidupnya. Karena itu gaya hidup adalah segala-galanya jika Anda ingin jauh-jauh dari risiko terkena stroke. Pastikan Anda makan dengan asupan gizi seimbang, olahraga teratur, dan mebuang rokok jauh-jauh dari hidup Anda, ingatlah kenikmatan rokok dan makanan hanya sesaat, mari mulai hidup sehat dari hari ini!

0 Komentar

Belum ada komentar