Sukses

Langsing Bukan Berarti Sehat!

Kita sering lupa bahwa sebenarnya kesehatan tidak hanya tercermin dari penampilan luar tapi juga menyangkut kondisi tubuh secara keseluruhan. Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko beberapa penyakit gawat. Simak selengkapnya oleh dr. Jessica Florencia disini.

Klikdokter.com - Pernahkah Anda mendengar istilah: “Kurus tapi Gemuk” atau “Langsing tapi Gemuk”?

Istilah ini sebenarnya untuk menggambarkan sejumlah orang yang terlihat kurus atau langsing namun sebenarnya memiliki status kesehatan yang kurang baik hingga buruk.

Pada dasarnya, berat badan tidak menggambarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. (Baca: 5 Fakta & Mitos Seputar Diet)

Kita sering lupa bahwa sebenarnya kesehatan tidak hanya tercermin dari penampilan luar tapi juga menyangkut kondisi tubuh secara keseluruhan.

Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap:

1 dari 2 halaman

Orang Langsing Juga Punya Penyakit Orang Gemuk:

Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap:

·         tekanan darah tinggi (Baca: 5 Dampak dari Hipertensi)

·         diabetes mellitus tipe 2 (Baca: Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula)

·         kolesterol tinggi (Baca: Memilih Makanan Rendah Kolesterol)

·         dan gula darah yang tidak terkontrol. (Baca: Buta Gara-gara Gula Darah)

Orang-orang yang terlihat kurus atau langsing seringkali merupakan populasi yang paling harus diwaspadai. Kewaspadaan mereka terhadap kesehatan sangat kendor karena merasa diri sehat padahal sebenarnya bagian dalam tubuhnya bermasalah. Dua hal penting yang berkontribusi adalah:

1. Pola Hidup Sehat

Seseorang dapat terlihat kurus atau langsing tapi tidak pernah mengkonsumsi sayuran atau buah, sering mengkonsumsi daging merah dan tidak pernah berolahraga. Alhasil, kondisi-kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan jantung yang merupakan kondisi perburukan kesehatan yang jarang memberikan gejala terus berkembang dalam tubuh. (Baca: 7 Gejala Tubuh yang Sudah Harus Diwaspadai)

 2. Pola Makan Sehat

Selain itu, konsumsi makanan-makanan yang tinggi gula dan garam yang tidak kita sadari juga dapat menyebabkan pembentukan lemak di sekitar organ-organ dalam tubuh. Jadi, seseorang dapat terlihat kurus atau langsing, namun sebenarnya organ-organ dalam tubuhnya diselimuti lemak yang tebal dan dapat merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes dan stroke. (Baca: Pola Makan Sehat)

 

Jadi, berat badan bukan cerminan kesehatan! Pola hidup sehat seperti konsumsi makanan yang sehat, olahraga setiap hari,manajemen stres dan berhenti merokok termasuk ke dalam gaya hidup yang perlu dikembangkan untuk terhindari dari penyakit metabolik kronik.

 

Medical check-up rutin setiap tahun juga sebaiknya dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan seperti tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah serta mendeteksi adanya masalah kesehatan yang belum memberikan gejala. (Baca: 5 Medical Check-Up yang Wajib untuk Wanita)

 

Baca juga:

8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Cepat

Ini Dia Bahayanya Minum Obat Langsing Sembarangan

Perut Kecil dan Rata Sekejap Dengan Tummy Tuck

0 Komentar

Belum ada komentar