Sukses

9 Cara Mengatasi Lemas-lemas

Apakah Anda merasalah lelah setiap saat? Merasa lelah dan lesu (fatigue) merupakan keluhan yang sering ditemukan terutama pada orang yang menginjak usia pertengahan. Ikuti cara-cara dr. Puti Naindra Alevia berikut ini untuk meningkatkan energi kembali.

Klikdokter.com - Apakah Anda merasa lelah setiap saat? Merasa lelah dan lesu (fatigue) merupakan keluhan yang sering ditemukan terutama pada orang yang menginjak usia pertengahan. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk meningkatkan energi kembali.

1. Singkirkan adanya kemungkinan penyakit.

Fatigue merupakan gejala umum untuk banyak penyakit, seperti diabetes, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea. Konsultasikanlah ke dokter bila Anda merasa lelah yang berlebihan. Beberapa obat dapat menyebabkan fatigue, termasuk beberapa obat antihipertensi, antihistamin, diuretik, dan lainnnya.

2. Lakukan aktivitas fisik.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan energi dalam tubuh. Olahraga memperbaiki efesiensi jantung, paru, dan otot. Bahkan berjalan selama 15 menit saja dapat meningkatkan energi tubuh.

 

3. Lakukan yoga.

Setelah 6 minggu mengikuti kelas yoga, relawan pada sebuah penelitian di Inggris melaporkan adanya peningkatan energi dan rasa percaya diri.

4. Cukupi kebutuhan air.

Minumlah air dalam jumlah yang banyak dan mencukupi kebutuhan. Karena kekurangan cairan (dehidrasi) menurunkan energi.

 

5. Tidur yang cukup.

Rekomendasi The Royal College of Psychiatrist adalah: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, cukupi waktu tidur Anda dan mandilah dengan air hangat sebelum tidur selama setidaknya 20 menit.

Berikut cara mengatasi lemas-lemas lainnya:

1 dari 2 halaman

Solusi Lemas-lemas

 

Beberapa kiat mengatasi sering lemas-lemas:

 

6. Konsumsi omega-3.

Sebuah penelitian tahun 2009 di Italia menunjukkan bahwa subjek yang mengkonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari merasa lebih kuat dan berenergi.

7. Kurangi lemak tubuh.

Cukupi porsi makan, hindari makanan berlemak, pilih menu yang memiliki nutrisi seimbang sehingga dapat meningkatkan aktivitas fisik.

8. Makan lebih sering.

Makan dalam jumlah lebih sedikit dengan frekuensi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula darah, termasuk makanan selingan yang sehat.

9. Kurangi stres.

Lakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, membaca, atau berjalan-jalan.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar