Sukses

Kolesterol Tinggi dan Batu Empedu

Tahukah Anda, dampak kolesterol tinggi itu bersifat luas tidak semata penyumbatan pembuluh darah saja? Tingginya kolesterol bersifat luas, salah satunya adalah meningkatkan risiko seseorang terbentuk batu di dalam kantung empedunya. Simak bagaimana hal itu bisa terjadi bersama dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com  - Kalau mendengar kata kolesterol, biasanya Anda hanya akan membayangkan penyakit jantung dan proses menjadi kakunya pembuluh darah. Dimana penyumbatan di pembuluh darah yang umum kita ketahui berujung pada penyakit jantung, stroke, bahkan lebih jauh, kematian.

Namun tahukah Anda, dampak kadar kolesterol yang tidak terkontrol itu bersifat luas tidak semata penyumbatan pembuluh darah saja? Tingginya kolesterol bersifat luas, salah satunya adalah meningkatkan risiko seseorang terbentuk batu di dalam kantung empedunya.

Apa itu batu di dalam kantung empedu? Apa hubungannya dengan kolesterol tinggi? Dan bagaimana bisa menyebabkan demikian? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Bagaimana Bisa?

Empedu adalah bagian dari keluarga besar organ-organ pencernaan manusia, kantung kecil ini berdampingan dengan hati atau liver. Meskipun kecil, kontribusinya dalam melancarkan proses pencernaan manusia terbilang besar.

Kantung empedu terlibat penuh dalam proses terbentuknya cairan empedu yang disemprotkan ke dalam usus untuk membantu proses pencernaan, terutama makanan yang berlemak, di akhir terowongan usus, cairan ini akan ditarik kembali untuk dipakai ulang. Perlu Anda pahami bahwa cairan empedu terbuat dari kolesterol, yang tentunya diambil dari kolesterol dalam darah manusia.

Jika kolesterol terlalu menumpuk, maka akan terjadi proses saturasi dan pembentukan batu di dalam kandung empedu, batu ini bisa menyumbat saluran yang harus dilewati cairan empedu, jadi dapat Anda bayangkan betapa hebatnya gangguan yang ditimbulkan. Si penderita akan merasakan sakit yang luar biasa pada perut bagian kanan atas, sakit ini seringkali menjalar ke pundak dan biasanya dirasakan setelah makan makanan yang berlemak . Penangananya? Operasi pengangkatan batu. 

2 dari 3 halaman

Siapa Saja yang Berisiko Terkena Batu Empedu?

Mereka yang berisiko terkena batu empedu ini dikenal dengan 4F, yaitu female, fat, forty, fertile, yang artinya wanita berusia 40 tahun ke atas, masih produktif untuk reproduksi dan gemuk.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mencegah timbulnya batu ini?

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak (termasuk makanan bersantan, gorengan) (Baca: 5 Cara Makan Gorengan yang Sehat)
  2. Makanlah makanan yang tinggi akan serat, seperti gandum dan sayur-sayuran. makanan tinggi serat ini akan mengikat cairan empedu sehingga tidak bisa digunakan ulang, sehingga empedu terpaksa mengambil kolesterol baru untuk diolah menjadi cairan empedu, hal ini berarti kadar kolesterol di darah akan otomatis turun. 

0 Komentar

Belum ada komentar