Sukses

Inilah Menu untuk Diet Tinggi Protein

Diet tinggi protein umum dilaksanakan beberapa sebagian orang untuk tujuan menurunkan berat badan dan membentuk tubuh lebih ideal. Namun kenyataannya, tidak bisa sembarangan untuk memulai. Simak selengkapnya dari dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com – Diet tinggi protein umum dilaksanakan beberapa sebagian orang untuk tujuan menurunkan berat badan dan membentuk tubuh lebih ideal. Namun kenyataannya, tidak bisa sembarangan untuk memulai dan melakukan diet tinggi protein. Diperlukan disiplin ketat sekaligus kejelian dalam memilah pilih menu makanan yang dimakan. Berikut adalah beberapa menu ideal untuk diet tinggi protein yang dibutuhkan:

  • Daging merah

Pilihlah daging merah yang tidak sarat lemak seperti daging has dalam yang memiliki kadar lemak tak jenuh lebih sedikit. Sangat disarankan untuk sebisa mungkin hindari daging olahan.

  • Daging putih

Anda dapat memilih daging ayam atau daging unggas yang memiliki kadar lemak jauh lebih sedikit dibandingkan daging merah. Namun, perlu Anda perhatikan untuk hindarilah untuk mengkonsumsi kulitnya, dimana biasanya di kulit unggas yang gurih dan nikmat justru terdapat sarat akan lemak jenuh.

Berikut ini adalah menu tinggi protein lainnya:

1 dari 2 halaman

Menu Tinggi Protein Lainnya:

 

  • Ikan
    Selain kaya akan protein, ikan memiliki kadar lemak yang rendah. Meskipun ikan salmon dan tuna memiliki kadar lemak yang tinggi, namun lemak yang dimaksud dalam ikan ini memiliki kadar asam lemak omega 3 yang tinggi dan baik bagi jantung.
  • Telur
    Meskipun kaya akan kolesterol, namun konsumsi 1 butir telur per hari masih dianggap aman untuk orang dewasa yang sehat. Anda dapat mengkonsumsi putih telur yang kaya akan protein ketimbang dengan kuning telur yang kaya akan kolesterol.
  • Kedelai
    Tofu, tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Sebagai bonus, dengan konsumsi 25 gram kedelai per hari dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol.
  • Produk susu

Produk susu seperti susu, keju dan yoghurt tidak hanya tinggi protein, tetapi juga kaya akan kalsium yang baik bagi tulang dan jantung. Namun pilihlah selalu produk olahan susu yang rendah lemak agar tidak menambah kalori. Jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar