Sukses

Akibat Susu Dot Pada Gigi Anak

Kebiasaan minum susu melalui botol dot pada anak sebelum tidur adalah suatu kebiasaan yang banyak kita jumpai. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan itu berkontribusi besar terhadap risiko terjadinya gigi berlubang? Simak selengkapnya disini bersama drg. Arni Maharani.

KLIKDOKTER.com - Kebiasaan  minum susu melalui botol dot pada anak sebelum tidur adalah suatu kebiasaan yang banyak kita jumpai. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan itu berkontribusi besar terhadap risiko terjadinya gigi berlubang?

Bahkan bukan hanya susu lho. Minuman atau makanan lainnya yang mengandung gula yang diberikan dengan botol merupakan penyebab terjadinya lubang atau karies pada gigi anak. Terlebih lagi diberikan pada saat menjelang waktu tidur.

Kok Bisa?

Jadi begini, pada saat tidur kandungan gula dari minuman akan tersimpan dan tergenang lebih lama di dalam mulut, sehingga mengakibatkan pertumbuhan bakteri penyebab lubang pada gigi lebih subur. Ditambah pula, biasanya ketika tidur aliran air liur itu berkurang. Jadinya, genangan air minum berkandungan gula yang mudah merusak gigi itu menjadi tertahan oleh dot diantara lidah, gigi, langit-langit juga sekitar bibir.

Alhasil, kerusakan gigi yang ditimbulkan adalah gigi anak menjadi berlubang. Sindrom ini di dalam medis dikenal dengan istilah nursing bottle caries.

Biasanya gigi yang biasanya terserang pada karies botol ini adalah gigi-gigi depan atas terutama bagian depannya (labial) dan gigi geraham atas terutama pada bagian yang  menghadap langit-langit (palatal).

Gigi depan bawah tidak mengalami kerusakan dikarenakan gigi-gigi tersebut terlindungi oleh lidah  dan air liur.

Kalau ASI gimana? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Kalau ASI Gimana?

Walapun jarang ditemukan tetapi ada kecendrungan kerusakan gigi yang sama pada bayi yang telah tumbuh giginya dan diberikan ASI dengan posisi tidur atau sampai tertidur.  

Pada posisi tidur cairan gula lebih cendrung meliputi gigi. Posisi yang benar dalam memberikan minuman atau ASI adalah dengan dipangku, setengah duduk atau digendong, tidak dalam posisi tidur apalagi sampai anak tertidur.  

Apabila anak tertidur pada saat minum dari botol dot atau ASI maka botol atau puting harus dilepaskan dari mulut anak.

0 Komentar

Belum ada komentar