Sukses

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

Asam lambung memang bisa mengganggu. Simak tips dari dr. Nadia Octavia supaya kita terhindar dari naiknya asam lambung atau dalam medis dikenal dengan GERD. Simak selengkapnya disini >>

Klikdokter.com – Naiknya asam lambung atau dalam medis GERD atau gastroesophageal reflux disease, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya regurgitasi (regurgitasi adalah naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual maupun kontraksi otot perut yang sangat kuat -Red) balik ke dalam tenggorokan sebagian cairan atau makanan yang bercampur dengan asam lambung.

Penyebabnya antara lain makan terlalu banyak, obesitas ataupun kehamilan. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa terbakar dalam dada, mual, muntah atau rasa "asam" di dalam mulut.

Bagaimana tipsnya agar terhindar dari GERD?

1 dari 8 halaman

1. Tips Terhindar Asam Lambung: Mengunyah Permen Karet

Ternyata permen karet tidak hanya membantu masalah bau mulut, tapi sekaligus dapat membantu Anda dalam masalah GERD.

Pada esensinya bukan permen karetnya yang berkhasiat dalam menurunkan level asam lambung, tapi sebetulnya adalah aktivitas mengunyah yang Anda lakukan selama permen karet di mulut Anda.

Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, maka akan meningkatkan produksi air liur (alkaline saliva) yang dapat berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan menekan risiko kejadian regurgitasi.

2 dari 8 halaman

2. Tips Terhindar Asam Lambung: Minum Air Putih

Dengan meminum air putih, air akan bekerja lebih cepat untuk meningkatkan kadar pH di dalam usus sehingga dapat mengurangi gejala GERD.

Pada prinsipnya cairan membantu ‘membilas’ cairan asam lambung dan menetralisir keasaman yang ada. Beberapa literatur menganjurkan Anda untuk minum sebelum makan, bukan selama Anda makan. Dimana disebutkan dikhawatirkan minum selama makan berlangsung dapat memperparah gejala GERD.

Sangat tidak disarankan Anda untuk meminum minuman yang berpotensi menimbulkan GERD, yakni seperti susu, kopi, dan lainnya.

3 dari 8 halaman

3. Tips Terhindar Asam Lambung: Ubah Posisi Badan

Dibandingkan duduk berselonjor, berdirilah sesudah makan agar dapat membantu makanan dan asam lambung tetap berada di dalam lambung dan tidak keluar ke tenggorokan.

Bayangkan jika lambung Anda yang penuh makanan adalah sebuah botol berisi cairan dengan corong diatas adalah mulut Anda.

Tentu bisa dibayangkan apa yang terjadi jika botol yang tanpa tutup tersebut dibaringkan, membuat isi air yang ada tumpah.

Serupa seperti demikian, lambung dan isinya akan sangat mudah mengalami regurgitasi jika Anda berbaring persis setelah makan.

4 dari 8 halaman

4. Tips Terhindar Asam Lambung: Tarik Napas yang Dalam

Menarik napas dalam-dalam dapat membantu menurunkan kadar udara yang ditelan dan menguatkan otot-otot yang mengelilingi sfingter bawah tenggorokan (sebuah cincin serat otot yang terletak di sekitar pembukaan dalam tubuh yang mengatur perjalanan zat -Red), sehingga dapat mengurangi risiko refluks.

Lakukan hal tersebut secara rutin, dengan demikian dapat membantu Anda menekan angka kejadian naiknya asam lambung yang ada.

5 dari 8 halaman

5. Tips Terhindar Asam Lambung: Hindari Makanan yang Menyebabkan GERD

Hindari makanan serta minuman seperti:

  • Kopi
  • Coklat
  • Soda
  • Alkohol
  • Daging
  • produk susu
  • makanan yang berlemak
  • dan makanan berasam (cuka pempek, dan lainnya)

Karena makanan dan minuman diatas dapat meningkatkan kejadian GERD.

6 dari 8 halaman

6. Tips Terhindar Asam Lambung: Makan Makanan Tingi Protein & Kurangi Makanan Berlemak

Makanan yang kaya protein dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah sehingga dapat menahan refluks asam lambung ke tenggorokan. 

Dengan demikian dapat membantu mencegah terjadinya naiknya asam lambung. Namun demikian, hal ini sebaliknya terjadi pada makanan yang berlemak. 

Pada makanan yang berlemak dapat menurunkan tekanan sfingter esofagus bawah dan menyebabkan naiknya asam lambung. (Baca: Inilah Menu Tinggi Protein)

7 dari 8 halaman

7. Tips Terhindar Asam Lambung: Turunkan Berat Badan & Makan Dalam Porsi Kecil

Makan sekaligus banyak dalam satu kali makan lebih berisiko menyebabkan kegemukan dibandingkan makan dalam porsi kecil namun dengan interval waktu yang tertib. 

Obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan perut dan menyebabkan hal yang sama.  

Baca juga:

1 Komentar