HomeGaya hidupSehat dan BugarNgemil Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?
Sehat dan Bugar

Ngemil Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Aprinda, 07 Mar 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ngemil di malam hari dipercaya bisa menaikkan berat badan. Namun, apakah ini benar? Yuk, cari tahu jawabannya sekaligus intip berbagai tips ngemil di malam hari yang aman berikut ini!

Ngemil Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Kamu sering merasa lapar di malam hari? Pasti bingung ya memilih untuk makan atau tidak. Jika melanjutkan tidur, kamu tidak tahan dengan kondisi perut yang keroncongan. Di lain sisi, ngemil di malam hari dianggap bisa membuat badan gemuk.

Jika kamu sering mengalaminya, kamu perlu fakta sebenarnya mengenai ngemil yang bisa bikin badan gemuk. Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut ini!

Risiko Gemuk Akibat Ngemil Malam Hari

Anggapan ngemil di malam hari jadi penyebab tubuh gemuk dipercayai banyak orang. Jadi, ada beberapa penelitian berbasis tikus yang menunjukkan bahwa makan di malam hari bisa meningkatkan berat badan hewan tersebut.

Namun penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang berbeda. Peningkatan berat badan dapat terjadi jika seseorang makan melebihi asupan kalori harian. 

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat kamu simpulkan bahwa makan atau ngemil di malam hari bukanlah penyebab tubuh gemuk jika makanan yang dikonsumsi rendah kalori dan tidak mendekati jam tidur.

Tubuh bisa gemuk jika makanan yang kamu konsumsi menjelang tidur, mengandung tinggi kalori atau tinggi lemak, seperti junk food, kue-kue, cokelat, keripik, atau kentang goreng.  Risiko kenaikan berat badan akan semakin besar jika porsi makanan yang dikonsumsi juga banyak.

Dampak ngemil di malam hari ini tidak hanya membuat tubuh gemuk, tapi juga meningkatkan risiko hipertensi, masalah asam lambung, gangguan tidur, diabetes, dan hipertensi di kemudian hari.

Meski ngemil di malam hari bukan penyebab badan gemuk, bukan berarti kamu bisa ngemil tanpa aturan, ya. Kamu tetap bisa gemuk apabila mengonsumsi makanan yang tidak sehat di malam hari, porsi makanannya besar, dan dilakukan mendekati jam tidur.

Tips Ngemil Malam Hari yang Bebas Gemuk

Bila kamu sering ngemil di malam hari, dan tidak ingin efek buruknya membuat kesehatan menurun, ikuti beberapa tips berikut ini:

1.Memilih Makanan yang Rendah Kalori Namun Bernutrisi

Jika kamu harus makan tengah malam karena terlalu lapar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Pastikan kamu memilih makanan yang rendah kalori dan bernutrisi. 

Beberapa contoh makanan yang bisa kamu konsumsi, sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya rendah kalori dan mengandung nutrisi penting, sayuran dan buah-buahan juga kaya serat yang membantu kamu kenyang lebih lama. 

Dengan begitu, kamu pun tak perlu menambah camilan lainnya dan berat badan pun tetap terjaga. 

2.Menghindari Makanan Tinggi Garam dan Lemak

Makanan ringan atau makanan siap saji adalah beberapa contoh makanan yang umumnya digunakan sebagai teman ngemil di malam hari. Padahal makanan ini tinggi garam dan lemak. 

Kenapa jenis makanan ini perlu dihindari? Alasannya, rasanya yang gurih dan nikmat membuat kamu ketagihan dan ingin terus memakannya. Akibatnya, makanan tersebut bisa kamu konsumsi dalam jumlah banyak dan bisa memengaruhi berat badan.

3.Minum Air Putih

Jangan lupa untuk tetap minum air putih, ya! Sebelum ngemil, kamu sebaiknya minum air 1-2 gelas air putih. Tujuannya, agar kamu merasa lebih kenyang sehingga makanan yang dikonsumsi menjadi lebih terkendali porsinya.

4.Cukup Istirahat

Penyebab gemuk selain dari makanan ngemil di malam hari yang kurang tepat, juga karena stress dan istirahat yang kurang. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu cukup istirahat. Jika kamu sering begadang dan ngemil di malam hari, keesokan harinya kamu pasti akan merasa mengantuk dan lemas, serta cenderung tidak mau beraktivitas. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab kamu mengalami kegemukan.

5.Tetap Olahraga Rutin

Tak hanya  membuat tubuh sehat, olahraga membantu membakar lemak di tubuh. Lemak yang menumpuk menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan. Jadi, optimal dalam membakar lemak tubuh membantu kamu menjaga berat badan tetap ideal.

Efek buruk ngemil di malam hari, bisa kamu hindari dengan mengikuti tips di atas. Namun, lebih baik lagi jika kamu tidak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan setiap malam. 

Bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, tingkatkan aktivitas fisik diikuti dengan perubahan pola makan yang lebih sehat. Jika kesulitan, jangan ragu untuk minta bantuan ahli gizi. 

Untuk lebih mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan untuk bantu #JagaSehatmu, lho!

(APR/NM)

MalamSnackNyemil

Konsultasi Dokter Terkait