Sukses

6 Alasan Kenapa Oats Penting untuk Sarapan Harian

Memiliki kesulitan untuk memilih menu sarapan yang cepat, sehat, dan juga lezat? Oats bisa jadi solusinya. Pasalnya, Oats sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan tubuh, antara lain yang akan dipaparkan dr. Adithia Kwee berikut ini.

Klikdokter.com - Memiliki kesulitan untuk memilih menu sarapan yang cepat, sehat, dan juga lezat? Oats bisa jadi solusinya. Oats yang juga dikenal sebagai nama Avena sativa ini merupakan sejenis sereal yang biasa dimakan dengan cara penyajian diseduh dengan air panas atau direbus.

Oats sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan tubuh, antara lain:

 

1. Bebas Penyakit Jantung

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berdasarkan jurnal dari Harvard Univeristy, orang yang mengkonsumsi oats setiap pagi dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung sebesar 29%.

2. Jauh dari Kanker

Menurunkan risiko kanker. Oats merupakan antioksidan dan juga mengandung lignan yang diduga dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kanker kolorektal

3. Jauh dari Hipertensi

Menurunkan tekanan darah. Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, dengan memakan oats secara rutin dapat membantu utnuk menurunkan tekanan darah.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kadar kolestrol tubuh. Oats banyak mengandung fiber yang disebut juga dengan beta-glucan. Hal inilah yang berperan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. 

Berikut alasan lainnya kenapa oats penting untuk sarapan:

1 dari 2 halaman

Oats Sehat untuk Sarapan

Berikut alasan lainnya kenapa oats penting untuk sarapan:

 

4. Menekan Risikol Infeksi

Meningkatkan respon imun untuk melawan infeksi. Beta glucan yang terkandung dalam oats membantu dalam ‘pemanggilan’ neutrofil, salah satu komponen dari sistem imun yang berperan untuk melawan infeksi. Beta glucan juga terbukti membantu neutrofil untuk mengeliminasi bacteria secara lebih cepat.

5. Jauh dari Risiko Diabetes

Menstabilkan gula darah dan menurunkan risiko diabetes.  Oats yang kaya mengandung fiber dan merupakan karbohidrat kompleks membuat pemecahan menjadi karbohidrat simpel menjadi lebih lambat sehingga gula darah akan cenderung lebih stabil.

Melihat banyaknya manfaat yang ada pada oats, jangan ragu lagi untuk menjadikan makanan ini sebagai pilihan sarapan tiap paginya. Untuk penyajiannya, oats bisa disajikan dengan susu maupun madu. Kedua pelengkap tersebut tentunya akan memberikan cita rasa yang lebih serta manfaat yang juga banyak.

0 Komentar

Belum ada komentar