Sukses

Hindari Makanan Ini Saat Sarapan!

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya ada menu makanan yang biasa kita makan ternyata disarankan untuk dihindari ketika sarapan? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan bersama dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com – Kita semua kini tahu betapa pentingnya sarapan di pagi hari untuk kesehatan Anda sehari penuh dan kebaikan kesehatan tubuh jangka panjang. Dimana kita pun sudah tahu juga, menu yang kita makan selama 45 menit setelah kita bangun pagi adalah yang menentukan kondisi tubuh juga terpenting. (Baca: 5 Alasan untuk Sarapan)

Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, memberi tenaga untuk aktivitas fisik yang akan kita lakukan hari itu, dan dapat pula menurunkan kadar kolesterol kita. Sarapan terutama sangat bagus untuk anak-anak dan remaja. 

Tapi sudah tahukah Anda, bahwa sebenarnya ada menu makanan yang biasa kita makan ternyata disarankan untuk dihindari ketika sarapan? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan:

1 dari 6 halaman

1. Hindari Sereal Rendah Serat Ketika Sarapan

Sereal yang tinggi karbohidrat dan gula dan rendah serat dapat mengakibatkan gula darah Anda naik dengan cepat dan kemudiaan akan cepat turun juga. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah lapar dan moody.

Menurut Prof dr R. Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD SpGK, staf pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, makanan atau minuman instan memang bisa dijadikan alternatif sarapan. Bahan tersebut juga tidak memberikan dampak negatif. “Namun, bahan itu tidak bisa dijadikan pengganti sarapan,” tegasnya. 

Jika Anda ingin makan sereal, pilihlah yang setidaknya mengandung minimal 3 gram serat per porsinya. Tingkatkan asupan serat dengan menambahkan pisang, strawberry atau kacang-kacangan. 

2 dari 6 halaman

2. Jangan Makan Candy Bar Saat Sarapan

Kebanyakan candy bar tinggi akan gula dan rendah protein serta serat. Sehingga memilih candy bar sebagai menu makanan saat sarapan pagi, tidaklah tepat. Memang sekilas dirasa mengenyangkan, tapi yang akan Anda makan dari nutrisi candy bar adalah nutrisi yang kurang seimbang untuk memenuhi kebutuhan keseharian.

Dalam hal ini, candy bar yang Anda makan akan memberikan tinggi gula dan kalori. Inilah yang Anda alami jika Anda mengkonsumsi gula 2x melebihi batas yang ditbutuhkan tubuh:

  • Meningkatkan risiko kanker
  • Risiko penyakit jantung
  • Gula memicu jerawat
  • Mudah memunculkan rasa lapar kembali

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tulisan dari dr. Dewi Ema Anindia soal bahaya dan konsekuensinya mengkonsumsi gula berlebihan: 10 Alasan Mengurangi Gula.

3 dari 6 halaman

3. Jangan Makan Hanya Segelas Yoghurt Rendah Lemak Ketika Makan Pagi

Walaupun yoghurt rendah lemak memang baik. Namun jika Anda hanya mengkonsumsi yoghurt saat sarapan, tidaklah disarankan. Banyak orang hanya makan sangat sedikit saat sarapan atau tidak sama sekali sehingga cenderung kalap makan berlebih saat tengah hari.

Justru dengan sarapan pagi, dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat saat makan siang ataupun malam. Beberapa dari Anda mungkin meninggalkan sarapan dengan alasan takut gemuk, sehingga mengurangi asupan kalori dan Anda memilih untuk menguranginya di pagi hari.

Namun, tergantung dari berat badan dan aktivitasnya sepanjang hari, sangatlah disarankan untuk memilih sarapan antara kisaran 250-400 kalori.

4 dari 6 halaman

4. Jangan Hanya Segelas Jus Ketika Sarapan

Jus buah memang baik dikonsumsi di pagi hari. Namun hanya mengonsumsi segelas jus tidak tepat untuk sarapan. Jus terdiri dari karbohidrat dan gula sehingga nutrisi lainnya tidak seimbang.

Sebaiknya jika Anda tetap ingin minum jus saat sarapan, tambahkan protein dan lemak pada menu Anda. Anda dapat mengiringi menu sarapan Anda dengan sepotong salmon, mashed potato dan susu rendah lemak. Dengan demikian, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang.

Pun, membuat jus disarankan mengikuti beberapa anjuran agar tidak mengurangi atau menghilangkan nilai nutrisi yang ada. Untuk lebih lengkapnya bagaimana menyapkan jus yang sehat dan sesuai dengan saran dokter, silakan baca artikel ini dari dr. Adithia Kwee: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter.

5 dari 6 halaman

5. Hindari Hanya Minum Secangkir Kopi di Saat Sarapan

Banyak orang memulai harinya dengan secangkir kopi tanpa makan makanan lainnya. Biasanya ini menjadi suatu pilihan para pekerja kantoran yang sibuk dan tidak sempat sarapan. Kopi yang Anda minum, biasanya ditambahkan dengan gula atau susu yang dapat menambah kalori tanpa adanya asupan protein maupun serat.

Kopi mungkin membuat Anda terjaga sepanjang hari, namun tidak dapat memberikan cadangan energi bagi Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar