Sukses

5 Kebiasaan yang Mencegah Berat Badan Naik di Kantor

Semenjak ngantor, Andi jadi lebih gemuk. Naik 8kg dalam 3 bulan. Tidak sedikit diantara kita yang mengalami hal yang sama. Masalahnya beda dari waktu jaman ngampus dulu, kita lebih banyak bergerak. Lalu apa solusinya?

Klikdokter.com - Bangun pagi hari, berkendara ke kantor lalu sampai di kantor duduk bekerja sambil mengemil dan tanpa Anda sadari 1 kantong kripik sudah Anda habiskan sendirian. Begitulah mungkin aktivitas sehari-hari Anda. Lalu tanpa Anda sadari jarum timbangan Anda sudah bergeser ke kanan.

Tapi ternyata tidak cuma makanan, ada juga kebiasaan-kebiasaan lainnya yang turut semakin memperparah peningkatan berat badan di kantor. Pasalnya jelas berbeda ketika jaman Anda kuliah dan sekolah dulu, dimana Anda lebih banyak melakukan aktivitas gerak. Dilalah, muncul pendapat; "kalau udah kerja nanti, pasti naik berat badan."

Bukan berarti kemudiannya Anda bisa tinggal pasrah, tapi justru ada beberapa hal kebiasaan yang membantu Anda mencegah peningkatan berat badan di kantor. Apa saja sebetulnya yang dapat Anda lakukan?

1 dari 6 halaman

1. Bawa Bekal dari Rumah

Mungkin hal ini akan sedikit menyita waktu Anda di pagi hari. Namun Anda dapat lebih leluasa memilih makanan yang sehat untuk Anda. Tentu pastikan menu Anda kaya akan serat seperti sayuran ataupun tahu rebus. 

Dengan membawa bekal makanan dari rumah tentu akan mengurangi frekuensi Anda membeli makanan di luar yang kurang sehat. Selain itu nilai tambahnya dapat menghemat pengeluaran Anda juga.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

2 dari 6 halaman

2. Banyak Bergerak

Ketika Anda sedang istirahat makan siang, jangan tetap duduk di depan komputer Anda mengecek Facebook atau berbelanja online. Namun cobalah untuk menggunakan waktu tersebut untuk membakar kalori tambahan. 

Anda dapat berjalan-jalan, jogging (jika memungkinkan) ataupun pergi sejenak ke gym. Sewaktu Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin sehingga Anda akan lebih rileks dan tidak stres lagi.

Artikel Lainnya: Cara Menghitung Berat Badan Ideal

3 dari 6 halaman

3. Menggosok Gigi

Ya, menggosok gigi. Terdengar sepele dan aneh karena sekilas nyaris tidak ada hubungannya dengan peningkatan berat badan.

Tapi ketahuilah, ada manfaatnya setiap kali Anda selesai makan, mengemil atau minum kopi bersihkan mulut Anda dengan menggosok gigi kepada kenaikan berat badan. 

Karena selain dapat membersihkan makanan dan dapat mencegah karies dan bau mulut, nafas yang segar dapat mengingatkan diri bahwa Anda sudah makan dan mengurangi keinginan dan nafsu makan untuk mengemil yang tidak sehat.

Artikel Lainnya: Sarapan Pagi Porsi Besar Membantu Wanita Menurunkan Berat Badan

4 dari 6 halaman

4. Simpan Cemilan Sehat di Kulkas

Hindari godaan mengemil gorengan dengan menyimpan cemilan sehat di kulkas kantor Anda seperti buah potong atau pun yoghurt. Jauhi snack instan seperti kemasan keripik misalnya hinggap di persediaan makanan Anda di pantry.  Pudding atau agar-agar juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, dalam kadar gula yang wajar, dengan agar-agar atau pudding kebutuhan serat Anda mudah terpenuhi dengan lezat. Dan serat dapat memperlancar pencernaan sehingga membantu tubuh Anda mengendalikan berat badan. 

Artikel Lainnya: Wanita Pengonsumsi Anggur Cenderung Lebih Sedikit Menambah Berat Badan?

5 dari 6 halaman

5. Minum Air Putih Sepanjang Hari

Tahukah Anda bahwa 300 ml minuman bersoda mengandung setidaknya 143 kalori? Jaga hidrasi dan tetap bertenaga dengan minum air putih. Taruhlah sebotol air mineral di meja Anda. Tidak hanya bebas kalori, air putih juga dapat memberikan sensasi penuh pada perut Anda sehingga dapat mengurangi keinginan mengemil.

Demikianlah cara menjaga berat badan Anda ketika bekerja seharian di kantor, atau jika ingin mengetahui indeks masa tubuh kamu bisa langsung ke fitur healthtools Klikdokter. Jika terdapat masalah dalam kesehatan, sebaiknya konsultasikan terkait masalah kesehatan Anda melalui Aplikasi Klikdokter. Langsung Bersama dokter Spesialis!

0 Komentar

Belum ada komentar