Sukses

Fakta & Mitos Durian dengan Kesehatan

Benarkah durian adalah biang kerok kolesterol? Benarkah durian dan minum bir sekaligus dapat menyebabkan kematian? Sebelum Anda percaya dengan cerita-cerita yang pernah Anda dengar, ketahui dahulu mitos dan fakta soal buah yang satu ini oleh dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com - Mungkin Anda penggemar durian sudah bosan diomeli oleh orang-orang terdekat Anda untuk menjauhi buah yang dijuluki king of fruit ini, entah karena katanya bisa meningkatkan berat badan, kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

 

Namun sebelum Anda membuang jauh-jauh durian di kulkas Anda, ketahui dahulu mitos dan fakta soal buah yang satu ini:

Makan durian bisa meningkatkan berat badan?

Jawabnya: Benar dan fakta.

Jika Anda makan 1 buah durian dengan berat 1 kg, Anda telah memasukkan 1350 kalori ke dalam tubuh Anda. Itu berarti Anda telah menghabiskan "jatah" 68% dari 2000 kalori yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalori harian orang dewasa. 1 biji durian sendiri (setara 40 g) memiliki 54 kalori. Jadi kesimpulannya, iya. Makan durian dapat meningkatkan berat badan. Namun kembali lagi seberapa porsi Anda menghabiskannya.

1 dari 3 halaman

Durian Dapat Meningkatkan Kolesterol?

Jawabnya: Salah dan Mitos.

Faktanya durian memiliki 0 kolesterol. Kolesterol sendiri dapat ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, seafood dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh rantai tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL Anda. Justru belakangan ini diketahui malah buah alpukat yang memiliki kandungan kolesterol.

Durian kaya akan nutrisi?

Jawabnya: Benar dan Fakta.

Durian secara alami kaya akan potassium, seratbesi, vitamin C dan vitamin B kompleks. King of fruit ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot, tekanan darah, pergerakkan saluran cerna dan baik untuk kulit. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pembentukkan sel darah merah.

 

Makan durian dan minum bir bersamaan bisa menyebabkan kematian?

Jawabnya: Salah dan Mitos.

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa keduanya merupakan kombinasi yang mematikan. Namun memang tidak dapat dipungkiri jika dikonsumsi bersamaan maka dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut, gangguan saluran cerna dan gangguan pada hati. Hal tersebut dikarenakan timbulnya kesulitan metabolisme lemak dan gula yang terkandung dalam durian dan bir, terlebih bila dikonsumsi secara bersamaan.

2 dari 3 halaman

Durian Bahaya Untuk Penyandang Diabetes?

Jawabnya: Benar dan Fakta.

Sayang sekali, jika Anda menderita diabetes, Anda harus menjauhi buah yang satu ini dikarenakan tingginya kadar gula yang terkandung di dalam durian. Durian sendiri mengandung gula sederhana yaitu: sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dapat langsung meningkatkan kadar gula di dalam darah Anda. 

Makan durian dapat meningkatkan gairah seksual?

Jawabnya: Salah dan Hanyalah Mitos.

"Rasa panas" yang ada di dalam buah durian memang dapat meningkatkan temperatur tubuh Anda. Namun bukan berarti buah ini merupakan suatu afrodisiak yang dapat meningkatkan libido.

Durian dapat meningkatkan energi secara instan?

Jawabnya: Benar dan Fakta.

Dikarenakan tingginya karbohidrat yang terkandung di dalamnya, durian dapat meningkatkan level energi secara cepat (pada individu yang sehat). Kadar potassium yang tinggi di dalam durian juga dapat membantu mengurangi kelelahan, stres mental dan kecemasan.

Durian nyatanya memang buah yang kaya akan nutrisi. Jika dikonsumsi dalam batas yang cukup, maka durian dapat memberikan pasokan vitamin, mineral dan lemak baik. Konsumsilah dalam jumlah yang sewajarnya yaitu sekitar 2-3 biji.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar