Sukses

5 Pemicu Alergi Teraneh

Anda pasti sudah sering dengar kasus orang yang alergi pada seafood (makanan laut)? Nah, apakah Anda pernah dengar ada kasus orang yang alergi pada air? Ketahuilah, alergi pada air itu ada. Memang aneh bukan? Masih banyak kasus alergi teraneh yang terjadi lainnya. Simak selengkapnya disini bersama dr. Alvin Nursalim.

Klikdokter.com - Anda pasti sudah sering dengar kasus orang yang alergi pada seafood (makanan laut)? Nah, apakah Anda pernah dengar ada kasus orang yang alergi pada air? 

Jika belum, ketahuilah. Alergi pada air itu kasusnya ada. Memang aneh bukan? Pasalnya, pasti akan menyulitkan pasien alergi air untuk mandi.

Tapi itu barulah contoh pertama, masih banyak contoh kasus-kasus alergi teraneh yang dapat terjadi. Sebelum kita bicara lebih jauh, ada baiknya kita ketahui sekilas terlebih dahulu mengenai alergi.

Reaksi alergi terjadi akibat reaksi sitem imun yang berlebihan terhadap pemicu tertentu. Pemicu alergi atau biasa disebut alergen, umumnya tidak berbahaya pada kebanyakan orang, namun pada individu yang rentan, bahan tersebut dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, bahkan gejala yang mengancam nyawa.

Namun banyak bahan pemicu alergi yang tidak terduga, apa sajakah pemicu alergi tersebut? Mari kita simak satu persatu.

1 dari 6 halaman

Pemicu Alergi Teraneh #1: Air

Kita memerlukan air untuk bertahan hidup. Namun ada beberapa orang yang mendapat keluhan kulit berupa bentol kemerahan ketika bersentuhan dengan air.

Hal ini umumnya dikenal dengan urtikaria atau biduran. Alergi terhadap air dikenal dalam medis dengan istilah urtikaria aquaenik.

Alergi ini merupakan salah satu jenis biduran yang sangat jarang dengan mekanisme yang berlum diketahui secara pasti. Bentol pada kulit ini akan hilang dalam waktu 15 sampai 30 menit.

Jika Anda mengalami kasus yang jarang ini, pastikan Anda melakukan konsultasi pada dokter spesialis yang paling berkompetensi.

Lalu kasus alergi apalagi yang teraneh pernah terjadi? 

2 dari 6 halaman

Pemicu Alergi Teraneh #2: Air Mani atau Semen

Alergi terhadap air mani pria juga merupakan jenis alergi yang jarang terjadi. Namun pernah dilaporkan sebuah kasus dimana seorang wanita mengalami pembengkakan pada daerah sekitar vagina setelah berhubungan seksual.

Terapi untuk pasien ini adalah dengan menggunakan kondom. Dengan demikian kontak air mani dengan penderita alergi terhadap air mani dapat tidak terlalu berisiko.

Kemudian bagaimana kondisinya jika penderita alergi wanita yang membutuhkan kehamilan?

Bagi wanita yang ingin hamil, pemberian obat pencegahan alergi sebelumnya dapat diberikan. Jika cara ini tidak berhasil dapat digunakan inseminasi buatan untuk mendapatkan tujuan kehamilan.

Berikut ini masih ada beberapa kasus alergi lainnya yang perlu Anda tahu.

3 dari 6 halaman

Pemicu Alergi Teraneh #3: Sinar Matahari

Sinar matahari juga dapat menyebabkan reaksi kulit berupa biduran. Alergi yang jarang ini akan menyebabkan pembengkakan kulit yang terasa gatal dan menyengat.

Keluhan ini umumnya timbul 30 menit setelah terpapar sinar matahari.

Terdengar seperti di film Dracula, bukan? Ketahuilah, kasus alergi ini ada, namun dengan angka kejadian yang sangat langka. 

Berikut ini masih ada beberapa kasus pemicu alergi teraneh lainnya.

4 dari 6 halaman

Pemicu Alergi Teraneh #4: Uang

Jika Anda mengeluh kulit gatal dan kemerahan sesaat setelah Anda memegang koin logam, bisa jadi Anda mengalami dermatitis kontak terhadap materi pembuat koin logam yaitu nikel.

Nikel dapat ditemukan pada koin logam, perhiasan, bingkai kaca mata dan lainnya. Layaknya reaksi alergi pada umumnya, cara paling baik untuk menangani alergi ini adalah dengan menghindari penyebab alergi, yaitu menghindari memegang koin.

Meskipun demikian bukan berarti tidak ada laporan alergi terhadap uang kertas. Meskipun beberapa kasus yang muncul dengan dugaan alergi pada uang kertas kerap kali dikaitkan dengan adanya infeksi kuman / bakteri atau virus yang terdapat di uang kertas. Sehingga mengkontaminasi kulit yang bersentuhan.

Berikut ini adalah kasus alergi teraneh lainnya.

5 dari 6 halaman

Pemicu Alergi Teraneh #5: Alergi Dingin

Udara dingin dapat menyebabkan rekasi urtikaria atau biduran. Alergi terhadap udara dingin dapat berbahaya khususnya ketika seorang terpapar terhadap udara dingin secara mendadak. Hal ini akan memicu pelepasan histamin dan menyebabkan penurunan tekanan darah tiba-tiba dan dapat saja berakhir pada kematian. Pencegahan alergi terhadap dingin dapat dimulai dengan menghindari paparan dingin pada daerah kulit yang luas, dan hindari berenang sendirian.

0 Komentar

Belum ada komentar